PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KEPEMIMPINAN MILITER DI SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI ANGKATAN LAUT SURABAYA

  • Ayu Zumatul Atiqoh

Abstract

Abstrak

Kepemimpinan Militer merupakan mata kuliah khusus dan wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa di STTAL Surabaya. Dalam proses pembelajaran kepemimpinan militer menunjukkan bahwa mahasiswa tidak memiliki buku pegangan sendiri, sumber referensi yang dimiliki oleh mahasiswa berupa buku-buku yang direkomendasikan oleh para gadik kurang. Dosen / Tenaga Pendidik merasa kesulitan dalam mengajar karena mahasiswa belum memiliki buku pegangan sendiri, dan hanya mengandalkan kuliah tatap muka. Sedangkan di STTAL sendiri kesempatan tatap muka sangat minim. Permasalahan tersebut adalah kesenjangan yang mestinya tidak ada dan harus dapat diminimalisir dengan mengembangkan bahan ajar kepemimpinan militer untuk mahasiswa di Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL), diperlukan uji kelayakan bahan ajar kepemimpinan militer yang telah dikembangkan, dan diperlukan uji efektifitas bahan ajar kepemimpinan militer yang telah dikembangkan dengan tujuan dihasilkan bahan ajar Kepemimpinan Militer untuk mahasiswa di Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) Surabaya dalam memfasilitasi belajar. Bahan ajar yang akan digunakan adalah berbentuk cetak dengan jenis bahan ajar yaitu buku ajar. Buku ajar kepemimpinan militer ini dikembangkan dengan model pengembangan Reseacrh and Development (R&D) dari Borg and Gall yang diadaptasi dari Dick, W, Carey, L.,& Carey. J.O. Bahan ajar tersebut kemudian di ujicobakan kepada subjek penelitian yaitu 2 ahli media, 2 ahli materi, dan 2 ahli evaluasi butir soal, serta kepada 26 mahasiswa STTAL. Jenis data yang digunakan dalam pengembangan bahan ajar ini yaitu data kualitatif dan kuantitatif, data kuantitatif didapat berdasarkan hasil angket terbuka kepada ahli materi, ahli media, dan angket yang diberikan untuk uji coba perorangan, kelompok kecil, dan kelompok besar. Data kualitatif didapat berdasarkan hasil deskriptif dari evauasi butir soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik persentase untuk angket, serta teknik uji-t untuk tes. Hasil uji kelayakan bahan ajar berdasarkan hasil angket dengan menggunakan rumus presentase dihasilkan ahli materi 96,67% (sangat baik), ahli media 93,33% (sangat baik) serta hasil angket uji coba perorangan 100% (sangat baik), uji coba kelompok kecil 97,5% (sangat baik), dan uji coba kelompok besar 96% (sangat baik). Sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar kepemimpinan militer ini layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran di STTAL Surabaya. Selanjutnya untuk keefektifan bahan ajar diperoleh perhitungan dengan rumus t-test, dihasilkan d.b = N-1 = 26-1 = 25 (dikonsultasikan dengan table nilai t) dengan nilai t0,05 harga tabel = 2,06 maka dapat diketahui bahwa thitung lebih besar dari pada ttabel dengan perbandingan angka thitung = 11,10 > ttabel = 2,06. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan ajar efektif digunakan dalam pembelajaran.

Kata Kunci: Pengembangan, Bahan Ajar, Kepemimpinan Militer

Abstract

Military leadership is a subject that must be taken by every student in STTAL Surabaya. Military Leadership in the learning process indicates that a student does not have its own handbook, reference sources owned by the students in the form of books recommended by lecturers lacking. Lecturer find it difficult to teach because the student has not had its own handbook, and only rely on face to face lectures. That problem is the gap that should not exist and should be minimized by developing teaching materials military leadership to students at the College of Technology Navy (STTAL), required due diligence teaching materials military leadership that has been developed, and the necessary test the effectiveness of teaching materials military leadership has been developed with the aim of military leadership produced teaching materials for students in the College of Naval Technology (STTAL) Surabaya in facilitating learning. Teaching materials to be used is print the form with the kind of teaching materials namely textbooks. Textbook was developed with the military leadership development model Reseacrh and Development (R & D) from Borg and Gall adapted from Dick, W, Carey, L., & Carey. J.O. The teaching materials later in ujicobakan to the subject of research that two media experts, two subject matter experts, and two expert evaluation items, as well as to 26 students STTAL. The data used in the development of these materials, namely quantitative and qualitative data, quantitative data obtained based on the results of the open questionnaire to the subject matter experts, media experts, and questionnaires given to individual testing, small group, and large groups. The qualitative data obtained based on the descriptive results of evaluation items. Data analysis technique used is the percentage of the questionnaire, as well as t-test technique to the test. The results of the feasibility test of teaching materials based on the results of questionnaires using a percentage formula produced material experts 96.67% (excellent), media experts 93.33% (excellent) and the results of the questionnaire individual testing of 100% (excellent), group trial small 97.5% (very good), and a large group trial 96% (excellent). It can be concluded that the military leadership teaching material is fit for use in learning activities in STTAL Surabaya. Furthermore, to the effectiveness of teaching materials obtained by the calculation formula t-test, resulting db = N-1 = 26-1 = 25 (consulted with the table value of t) with values ​​t0,05 price table = 2.06, it can be seen that the larger thitung of the ttabel with comparative figures t = 11.10> table = 2.06. It can be concluded that the use of effective instructional materials used in learning.

Keywords: Development, Instructional Materials, Military Leadership

Published
2016-05-10
Abstract Views: 20
PDF Downloads: 237