Pengembangan  Media Web Moodle Pada Mata Pelajaran Produktif Teknik Komputer Dan Jaringan Bab Mendiagnosis Permasalahan Pengoperasian Pc Dan Periferaluntuk Siswa Kelas X Tkj Di Smk Negeri 1 Surabaya

  • SOFYAN TAHTA R

Abstract

Sofyan Tahta Ragawanto1
Damajanti Kusuma Dewi, S.Psi., M.Si2
Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri Surabaya

sofyan.tahta030@gmail.com

 

Abstrak: Berdasarkan permasalahandi SMK Negeri 1 Surabaya pada mata pelajaran Teknik Komputer dan Jaringan Kompetensi Dasar Mendiagnosis Permasalahan Pengoperasian PC dan Periferal guru hanyamengunakan E-modulsertakurangnya pengelolaan pembelajaran dalam kelas sehingga mengakibatkan nilai siswadibawah KKM. Materi itu seharusnya memerlukan sebuah visualisasi, untuk permasalahan tersebut diperlukan media yang sesuai dengan unsurp emilihan media yaitu Web Moodle.Web Moodle merupakan sebuah CMS open source yang dapat dikelola menjadi media pembelajaran dikelas.Pengembang membuat media web moodle yang dapat memotivasi semangat belajar siswa sehinggadapat meningkatkan hasil belajar dan mempermudah guru dalam menyampaikan materi pembelajaran.

Tujuan pengembangan media web moodle adalah menghasilkan media belajar tentang Standar Kompetensi mendiagnosis permasalahan  pengoperasian PC dan periferal. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Sugiyono, Media pembelajaran ini diuji cobakan kepada siswa kelas X  TKJ SMKN 1 Surabaya pada mata pelajaran Produktif TKJ.Pengumpulan data dilakukan melalui instrument angket ahli materi, ahli media, dan siswa.Untuk hasil belajar siswadigunakan evaluasi yaitu pre-test dan post-test.Analisis data yang digunakan untuk mengolah data hasil angket ahli materi, ahli media, dan siswaadalah persentase, sedangkan untuk mengolah hasil belajar siswa yaitu dengan menggunakan  perbandingan hasil belajar siswasebelum dan sesudah memanfaatkan media web moodle tersebut.

Jenis data yang diperoleh adalahberupa data kualitatifdan data kuantitatif, Analisis data yang digunakan untuk mengolah hasil angket dengan menggunakan skala penilaian makauntuk2 ahlimateriadalah 93,75% (sangat baik), 2 ahli media adalah 82,65% (Sangat baik), untuk ujicoba perorangan 77,65% (baik), untukujicobakelompokkecil 84,97% (sangatbaik), untukujikelompokbesar 83,54% (sangat baik). Dengan demikian diperoleh hasi lnilai pre-test dan post-test maka teknikAnalisis data dengan t hitung (11,26) > ttabel (0,339), Maka dari hasil peningkatan tersebut dapat diinterprestasikan bahwa media web moodle TKJ untuk kelasX TKJ dapat meningkatkan hasil belajar siswa padaKompetensi Dasar mendiagnosis permasalahan pengoperasian PC dan periferal.Berdasarkan analisis data baik validasi desain oleh ahli dan uji coba oleh siswa maka media web moodle perlu dikembangkan oleh SMK  Negeri 1 Surabaya.

 

Kata Kunci : Pengembangan Media Web Moodle

 

Abstract: Based on the problems at SMK Negeri 1Surabaya on the subjects of Computer Engineering and Network Operation chapter Diagnosing Problems PCs and Peripheralste achersonly use th eE-learning modulesas well asthe lack of management in the classroom, resulting in student scores below the KKM.The material wass upposed torequireavisualization, forthese problems required me diaelements that correspond to the media selection MoodleWeb.WebMoodle is a nopen source CMS thatcanbe managedas a medium of learningin class.Moodle's developers can create web motivate student learningin order toimprove learning outcomesand facilitateteachersin deliveringlearning material.

Moodle web development objective is to produce medi ato learn about the chapter diagnose problems pemgoperasian PC and peripherals. Development modelused is Sugiyono development model,Thisinstructional media tested for class X TKJ SMK 1Surabaya on subjects Productive Computer Engineering and Networks.The data was collected through aquestion naire instrument matter experts, media specialists, and students. Used to evaluatestudent learning outcomes, namely pre-test and post-test.Analysis ofthe data usedto process thedata fromthe questionnairematter experts, material specialist, mediaspecialists, and students are percentages, while theprocessof student learning outcomesis by using theratio ofstudent learning outcomesbefore and afterutilizing the Moodle web.

Type of data obtain edisin the form ofquantitati veand qualitative data, data analysisis used to process the results ofthe question naire using the grading scalefor the2 expertmaterialis 93.75% (excellent), 2 media expertis 82.65% (Very good), 77.65% for individual trials(good), toa small test group 84.97% (excellent), totesta large group of 83.54% (excellent).Than thevalue ofthe resultsobtainedpre-test and post-test data analysis techni ques with thet(11.26)>ttabl e(0.339), then the results can be interpreted that the in crease in web moodle TKJ for TKJ X class canimprove the learning outcomes students on chapter diagnose problems the PC and peripherals.

Based on the data analysis of both design validation by expertsand tested by the students moodle web media needs to be developed by SMKN 1Surabaya.

 

Keywords: Media Web Development Moodle

Published
2013-07-17
Abstract Views: 22
PDF Downloads: 12