Pengembangan Media Audio Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kompetensi Dasar Menanggapi Cerita Untuk Siswa Kelas V SD Muhammadiyah 16 Surabaya

  • MEGAOCVI AKHIRA PRAHASARI

Abstract

Tujuan pengembangan media audio pembelajaran adalah untuk menghasilkan sebuah produk yang layak dan efektif berupa media audio pembelajaran. Media audio pembelajaran ini diuji cobakan kepada siswa kelas V SD Muhammadiyah 16 Surabaya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Research and Development (R&D). Pengumpulan data dilakukan melalui instrumen angket yang disebarkan untuk para ahli (ahli materi, ahli media dan ahli pembelajaran), sedangkan instrumen tes disebarkan untuk siswa. Analisis data yang digunakan untuk mengolah data hasil angket ahli materi, ahli media, dan ahli pembelajaran adalah perhitungan semua aspek. Analisis data untuk hasil tes menggunakan bentuk penelitian dengan jenis one group pretest-posttest design, dimana membandingkan hasil belajar siswa sebelum menggunakan media audio pembelajaran dan sesudah menggunakan media audio pembelajaran. Jenis data yang diperoleh adalah berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Analisis data yang digunakan untuk mengolah hasil angket dengan menggunakan skala penilaian maka untuk ahli materi adalah 100% (sangat baik), untuk ahli media adalah 83,33% (sangat baik), dan untuk ahli pembelajaran adalah 77,78% (baik). Untuk uji coba produk dengan membandingkan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media audio pembelajaran diperoleh hasil thitung (7,046) > ttabel (2,074). Hal tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas V Al-Thobari SD Muhammadiyah 16 Surabaya terhadap mata pelajaran Bahasa Indonesia Kompetensi Dasar menanggapi cerita mengalami peningkatan setelah memanfaatkan media audio pembelajaran dan media tersebut dinyatakan efektif.

Kata Kunci : Pengembangan, Media Audio, Bahasa Indonesia, Menanggapi cerita

Abstract

Instructional of media audio aims to produce a product that is viable and effective such as instructional media audio. Instructional media audio tested to 5th grade students from SD muhammadiyah 16 Surabaya in Indonesian subject. Model of development is used Research and Development (R&D).Data collected questionnaire that is distributed to the experts (material experts, media experts, instructional experts), while the test instrument distributed to students. Data analyze that used the process questionnaires result matter experts media specialists and instructional experts are all experts of the calculation. Data analyze for the test results using research type of one group pretest-posttest design, which compared the results of student learning before and after using the instructional media audio. The type of data obtained in the form of qualitative data and quantitative data. Data analyze used to process the questionnaire result using the grading scale for the matter experts is 100% (very good), for media experts is 83,33%, (very good) and for instructional expert is 77,78% (good). For the product test by compare the result of student learning before and after to use the instructional media audio is obtained result tcount (7,046) > ttable (2,074). This indicates that Al Thobari 5th grade student from SD Muhammadiyah 16 Surabaya on the Indonesian subjects basic competence respond that story increased after use instructional media audio and the media is declared effective.

Keywords : Development, Media Audio, Indonesian Subject, Responding The Stories

Published
2014-01-13
Abstract Views: 134
PDF Downloads: 790