PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI POKOK LARUTAN PENYANGGA UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF SISWA KELAS XI SMA (IMPLEMENTATION OF GUIDED INQUIRY LEARNING MODEL ON BUFFER SOLUTION MATTER TO PRACTICE METACOGNITIVE SKILLS STUDENTS IN SENIOR HIGH SCHOOL GRADE XI)

  • IIN NURFIAH

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing, keterampilan metakognitif siswa, ketuntasan hasil belajar, dan respon siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar keterlaksanaan pembelajaran , lembar pretest keterampilan metakognitif, lembar posttest, dan lembar angket respon siswa. Penelitian “pre experimental” ini menggunakan rancangan “One Group Pretest-Posttest Design”. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 18 Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Keterlaksanaan model pembelajarn inkuiri terbimbing memperoleh kriteria sangat baik pada masing-masing fasenya. (2) Keterampilan metakognitif siswa yang meliputi keterampilan merencanakan memperoleh skor sebesar 3,94 dengan kategori A; keterampilan memantau sebesar 3,78 dengan kategori A-; dan keterampilan mengevaluasi sebesar 3,65 dengan kategori A-. (3) Persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 94%. (4) Respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi larutan penyangga untuk melatihkan keterampilan metakognitif  sebesar 97,2% dengan kriteria baik sekali.

Kata Kunci: Keterampilan Metakognitif, Model pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Larutan penyangga.

The purpose of this research was to find out feasibility of guided inquiry learning model, metacognitive skills, learning outcomes, and student’s response. Instruments in this study were feasibility sheet of guided inquiry learning, pretest sheet of metacognitive skills, posttest sheet, and sheet of student’s questionnaire response. The research was “pre experimental” by “One Group Pretest-Posttest Design”. The target of this research was student at XI MIA 2 in SMA Negeri 18 Surabaya. The result obtained (1) feasibility of guided inquiry learning model obtained excellent criteria for each phase. (2) The score of metacognitive skills of students which includes planning skills is 3,94 with category A; score of monitoring skills is 3,78 with category A-; and score of evaluating skills is 3,65 with category A-. (3) The precentage of thoroughness learning outcomes is 94%. (4) Student’s response to the implementation of guided inquiry learning model on buffer solution matter to practice metacognitive skills is 97,2% with excellent criteria.

KeyWords: Metacognitive Skills, Guided Inquiry Learning Model, Buffer Solution.


Published
2016-06-28
Abstract Views: 71
PDF Downloads: 196