PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION PADA MATERI ASAM BASA UNTUK MELATIHKANKETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI SMAN 1 DRIYOREJO GRESIK (IMPLEMENTATION OF COOPERATIVE LEARNING MODEL TYPE GROUP INVESTIGATION IN THE ACID BASE TOPIC TO TRAIN CRITICAL THINKING SKILLS STUDENTS XI GRADE SMAN 1 DRIYOREJO GRESIK)

  • RIZA DWI PUSPITASARI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan sintaks model pembelajaran, aktivitas siswa, dan keterampilan berpikir kritis siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada materi asam basa. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik. Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi keterlaksanaan, lembar observasi aktivitas siswa, dan lembar penilaian keterampilan berpikir kritis. Jenis penelitian ini deskriptif kuantitaif dengan desain One Group Pretest-Posttest design. Hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran dari fase menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa, menyajikan informasi, mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar, membimbing kelompok bekerja dan belajar, evaluasi, memberikan penghargaan dan kegiatan penutup selama pembelajaran secara berturut-turut sebesar 3,5; 3,5; 3,6; 3,7; 3,75; 3,0; 4,0 dengan kategori baik dan sangat baik. Aktivitas siswa selama pembelajaran telah menunjukkan kesesuaian dengan sintaks model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dan menunjukkan siswa telah berlatih keterampilan berpikir kritis. Nilai tiap kecakapan keterampilan berpikir kritis siswa mulai dari interpretasi, inferensi, dan analisis saat pretest secara berturut-turut adalah 1,95; 2,11; 2,29, dalam skala 4 dengan ketuntasan klasikal 21,6%  sedangkan pada saat posttest adalah 2,84; 3,01; 3,19 dalam skala 4 dengan ketuntasan klasikal 81,1%.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation, Keterampilan Berpikir Kritis, Asam Basa

The study is aimed to determine the feasibility, students activities, and critical thinking skills of students after applied of cooperative learning model of Group Investigation on acid base topic. The subjects were students of class XI MIA 1 SMAN 1 Gresik Driyorejo. The instruments is feasibility observation sheets, observation of student activity sheets, and critical thinking skills assessment sheets. This research is quantitative descriptive with One Group Pretest-Posttest design. The observation of learning feasibility from the phase presents the objective and motivate students, present information, organize students into study groups, group work and study guide, evaluation, give reward and cover activities for learning during study in a row is 3.5; 3.5; 3.6; 3.7; 3.75; 3.0; 4.0. Activities of students during study has demonstrated compliance with the syntax cooperative learning model of Group Investigation and showed the students had been practicing critical thinking skills. The value of each prowess critical thinking skills of students interpretation, inference and analysis during the pretest in a row is 1,95; 2.11; 2,29, in scale 4 with classical completeness 21,6%  while at posttest was 2,84; 3,01; 3,19 in scale 4 with classical completeness 81,1%.

Keywords: Cooperative Learning Model Type Group Investigation, Critical Thinking Skills, Acid Base

Published
2016-06-28
Abstract Views: 91
PDF Downloads: 48