PENERAPAN STRATEGI CONCEPTUAL CHANGE DENGAN ANALOGI UNTUK MEREDUKSI MISKONSEPSI IKATAN KIMIA BERBASIS MODEL MENTAL ATRIBUT IMAJINASI (IMPLEMENTATION OF CONCEPTUAL CHANGE STRATEGIES BY ANALOGY TO REDUCE  MISCONCEPTION ON CHEMICAL BONDING BASED MENTAL MODEL ATTRIBUTES OF IMAGINATION)

  • IKA NISKA APRILIA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mereduksi beban miskonsepsi siswa yang memiliki kemampuan imajinasi rendah menggunakan strategi conceptualchange dengan analogi. Jenis penelitian ini pra-eksperimen dengan rancangan penelitian onegrouppretest-posttestdesign. Sasaran penelitian ini adalah siswa yang memiliki kemampuan imajinasi rendah sebanyak 17 siswa dari siswa Kelas X MIA SMAN 17 Surabaya. Penentuan status konsepsi siswa dengan menggunakan Certainty of Response Index (CRI). Pembelajaran remedial dilakukan dalam 3 kali pertemuan. Sebelum pembelajaran remedial, siswa di uji konsepsi awal untuk mengetahui profil konsepsi siswa. Berdasarkan hasil uji konsepsi 1 diperoleh persentase tahu konsep (TK), tidak tahu konsep (TTK), dan miskonsepsi (MK) berturut-turut sebesar 39%, 9%, dan 53%.Uji konsepsi 2 dilakukan setelah pembelajaran remedial untuk mengetahui konsepsi akhir siswa. Pada uji konsepsi 2 persentase tahu konsep (TK), tidak tahu konsep (TTK), miskonsepsi (MK) berturut-turut sebesar 69%, 8%, dan 23%. Berdasarkan hasil analisis uji konsepsi 1 dan 2 diketahui persentase pergeseran miskonsepsi siswa menjadi tahu konsep sebesar 71%.

Kata Kunci:Miskonsepsi, Kemampuan Imajinasi, Strategi ConceptualChange Dengan Analogi

The aims of this study are to reduce the burden of misconception students have the ability to lower imagination using conceptual change strategies by analogy. The type of this study was preexperiment research and design reasearchwas “One Group Pretest-Postetst Design.” The subjects were students which have imagination ability low. Determination of students misconceptions used Certainty of Response Index (CRI). Before the remedial learning, students in the initial conception test to determine student’s conceptions profile. Based on test results obtained by percetage of conception 1 TK, TTK, and MK respectively for 39%, 9%, and 53%.Conception test 2 performed after conception remedial learning to know the students finalconception. In the conception of 2 percentage TK, TTK, and MK respectively 69%, 8%, and 23%. Based on the analysis conception test 1 and test 2 unknown percentage shiffing conceptions of  students MK became TK of 71%

Keywords:Misconceptions, Ability Imagination,Conceptual Change Strategy By Analogy

Published
2016-06-28
Abstract Views: 61
PDF Downloads: 63