PENGARUH PELATIHAN BRAINDANCE BAGI PENDIDIK PAUD TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DI PAUD AL-ISLAH GUNUNG ANYAR SURABAYA
Abstract
Kompetensi Pendidik pada pendidikan anak usia dini memegang peran yang sentral karena mereka bertanggung jawab terhadap optimal atau tidaknya perkembangan anak. Kompetensi pedagogis yang dimiliki oleh pendidik PAUD masih lemah dalam pembelajaran dan dibutuhkannya inovasi sehingga terdapat Keberhasilan dalam suatu pembelajaran yang dilakukan dan dapat dilihat dari perangkat pembelajaran yang telah disusun dan bagaimana cara menerapkannya di dalam proses pembelajaran. Pelatihan diharapkan mampu untuk menumbuhkan dan meningkatkan kompetensi- kompetensi pendidik PAUD. Untuk itu peneliti mengambil judul“ Pengaruh Pelatihan Braindance Bagi Pendidik Paud Terhadap Peningkatan Kompetensi Pedagogik Di Paud Al-Islah Gunung Anyar Surabaya”.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan desain penelitian one-group pretest-posttes. Penelitian dilaksanakan di Paud Al-Islah Gunung Anyar Surabaya. Penggumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode (1) Angket. (2) Observasidan (3) Dokumentasi.
Tujuan Penelitian ini yaitu (1) Mengetahui ada dan tidak adanya pengaruh pelatihan Braindance bagi pendidik paud terhadap peningkatan kompetensi pedagogic, Mendeskripsikan dan menganalisis sejauh mana pengaruh pelatihan Braindance.
Berdasarkan hasil pelatihan Braindance sudah berjalan baik karena aspek-aspek pelatihan sudah ada dan terlaksana dengan baik. Sedangkan hasil post test dan post test menunjukkan bahwa kompetensi pedagogic pendidik paud pada saat post test lebih baik dari pada kompetensi pedagogic pada saat pre test. Sedangkan berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan uji wilcoxom match pairs diperoleh hasil Thitung < Ttabel = 1 < 8 hal ini membuktikan bahwa Ha bisa diterima dan Ho ditolak.
Kata kunci: Pelatihan Braindance, Kompetensi pendidik PAUD
Abstract
Competence of Teachers in early childhood education a central role because they are responsible for whether or not optimal child development. Pedagogical competence possessed by early childhood educators weak in learning and innovation needed so that there is success in a study carried out and can be seen from the learning tools that have been developed and how to apply them in the learning process. Training should be able to grow and improveearly childhood educator competencies. To the researcherstook the title"Training Effect BraindanceForearly childhood educators Pedagogic Competence Enhancement Against Al-Islah Inearly childhood gunung Anyar Surabaya".
The aim of this study are (1) Determine the presence and absence of the influence of early childhood educators Braindance training to increase pedagogic competence, describe and analyzethe extent of the effect of training Braindance. This type of research is aquantitative research study design with a one-group pretest-posttes. The experiment was conducted in early childhood Al-Islah gunung Anyar Surabaya. Collecting data in this study using the method(1) Questionnaire. (2) Observation and(3) Documentation.
This type of research is aquantitative research study design with a one-group pretest-posttes. The experiment was conductedin early child hood Al-Islah gunung Anyar Surabaya.
Based on the results Braindance training has been going well as aspects of existing training and performing well. While the results of the post-test and post-test showed that the pedagogic competence of early child hood educators in post test better than the pedagogic competence during thepre-test. While based on the results of calculations using matched pairs test results obtained wilcoxom T hitung < T tabel=1<8 it can be proved that Ha Ho accepted and rejected.
Keywords: Braindance Training, Competency early child hood educators.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

