Friendly Lombok : Destination Branding Pulau Lombok Sebagai Upaya Untuk Mempromosikan Pariwiasata

  • IBRAHIM KUDSI
  • PUSPITA SARI SUKARDANI

Abstract

Abstrak

Tingginya persaingan pariwisata di dunia menyebabkan setiap negara, kota, dan daerah gencar dalam melakukan sebuah branding terhadap kota maupun daerah mereka. Sebuah daerah yang melakukan strategi branding akan lebih mudah untuk dikenal oleh masyarakat karena dengan adanya branding maka sebuah daerah bisa mengenalkan dan mengembangkan potensi yang dimiliki oleh daerah mereka masing-masing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tahapan destination branding dan peran stakeholder dalam melakukan implementasi destination branding yang dimiliki oleh pulau Lombok yaitu Friendly Lombok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode studi kasus berupa deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan data yaitu, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemerintah yaitu Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Barat melakukan beberapa tahapan yaitu Market Analysis, Brand Development, Brand Launch, Brand Implementation.

Kata Kunci : Friendly Lombok, Destination Branding,Tahapan Destination Branding.

Abstract

The high competition of tourism in the world causes every country, city and area become incessant in doing branding of their city or even their region. An area that does branding strategy will be more vastly to be well-known by the people since the presence of branding so that the area can introduce and develop its own potency. The aim of this study is to discover the stages of destination branding and the role of stakeholder in implementing destination branding of Lombok island which is Friendly Lombok. The method of this study is case study in the form of qualitative descriptive by using interview, observation, and documentation as the data collection technique. The result of this research showed that the government, especially the tourism office of West Nusa Tenggara has done some stages such as Market Analysis, Brand Development, Brand Launch, and Brand Implementation.

Keywords : Friendly Lombok, Destination Branding, The Stages of Destination Branding


Published
2018-07-20
How to Cite
KUDSI, I., & SARI SUKARDANI, P. (2018). Friendly Lombok : Destination Branding Pulau Lombok Sebagai Upaya Untuk Mempromosikan Pariwiasata. The Commercium, 1(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/24424
Abstract Views: 86
PDF Downloads: 62