STRATEGI PROGRAMMING RADIO ISTANA 95,0 FM BOJONEGORO (STUDI KASUS PADA PROGRAM SIARAN JIMAT DALAM MENARIK DAN MEMPERTAHANKAN PENDENGAR)

  • MUHAMMAD ZAKKI MUBAROK
  • VINDA MAYA SETIANINGRUM

Abstract

Persaingan dalam industri media informasi publik terus mengalami perkembangan dan perubahan mengikuti zaman, tidak terkecuali dengan media informasi publik seperti radio. Radio sendiri merupakan aktor dibalik lahirnya dunia broadcasting, setelah sebelumnya media massa hanya disisi oleh media cetak seperti koran maupun majalah. Radio sendiri adalah media massa yang sangat erat dengan kebutuhan masyarakat, karena memberikan berbagai macam informasi, hiburan, dan pendidikan. Selain itu, didalam dunia radio juga memiliki strategi-strategi dalam hal menarik dan mempertahankan pendengar. Salah satunya adalah Radio Istana 95,0 FM Bojonegoro dengan menghadirkan program siaran JIMAT. Program ini adalah program dengan genre misteri dengan konten cerita-cerita misteri serta terdapat sesi penerawangan oleh paranormal. Program siaran ini sudah bertahan sampai 10 tahun dan tetap menjadi pilihan para pendengar ketika malam Jumat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi programming program siaran JIMAT dalam menarik dan mempertahankan pendengar. Jenis penelitian ini adalah kualitatif berupa studi kasus, sehingga penelitian ini akan mendeskripsikan secara mendalam mengenai potret kondisi dan keadaan apa yang sebenarnya terjadi dilapangan. Selain itu, narasumber penelitian ini adalah penyiar JIMAT yang sekaligus menjadi orang yang melahirkan ide terwujudnya program siaran JIMAT. Hasil penelitian ini akan menunjukan strategi-strategi programming yang telah dilakukan Radio Istana 95,0 FM Bojonegoro pada program siaran JIMAT dalam menarik dan mempertahankan pendengar.

Kata Kunci: Program Siaran JIMAT, Strategi Programming, Strategi Programming JIMAT

Published
2018-09-17
How to Cite
ZAKKI MUBAROK, M., & MAYA SETIANINGRUM, V. (2018). STRATEGI PROGRAMMING RADIO ISTANA 95,0 FM BOJONEGORO (STUDI KASUS PADA PROGRAM SIARAN JIMAT DALAM MENARIK DAN MEMPERTAHANKAN PENDENGAR). The Commercium, 1(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/25528
Abstract Views: 45
PDF Downloads: 52