IMPLEMENTASI KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL DALAM PROMOSI PARIWISATA (STUDI KASUS PADA KOTA WISATA BATU)

  • ELOK MAHARDIKA
  • GILANG GUSTI AJI

Abstract

Abstrak

Kegiatan komunikasi pemasaran telah mengalami banyak pergeseran dengan adanya perkembangan teknologi, Mulai dari cara konvensional hingga beralih menjadi dunia digital. Industri pariwisata Indonesia saat ini memiliki peluang besar untuk bisa tumbuh di kehidupan yang akan datang. Salah satu tempat wisata yang berada di wilayah Jawa timur adalah Kota Batu, kawasan wisata dengan kondisi alam yang sangat mendukung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif yang menggunakan metode studi kasus. Pengumpulan data menggunakan tiga cara yakni, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan model sostac Kota Batu telah mengimplementasikan beberapa kegiatan komunikasi pemasaran digital sebagai promosi berupa advertising yang bekerja sama melalui media online, direct marketing melalui komunikasi secara langsung dan interaktif di media sosial, personal selling melalui produk yang ditawarkan situs website dan aplikasi, sales promotion penawaran potongan harga, kontes oleh pihak swasta yang diunggah di media sosial, sell mission dan komunitas Batu local guide.

Kata kunci: Komunikasi Pemasaran, Digital, Kota Wisata Batu






Published
2018-11-23
How to Cite
MAHARDIKA, E., & GUSTI AJI, G. (2018). IMPLEMENTASI KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL DALAM PROMOSI PARIWISATA (STUDI KASUS PADA KOTA WISATA BATU). The Commercium, 1(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/26051
Abstract Views: 829
PDF Downloads: 931