Analisis Strategi Promosi Pariwisata Pulau Bawean Kabupaten Gresik

  • LIA ASFARINA
  • PUSPITA SARI SUKARDANI

Abstract

Abstrak

Strategi promosi merupakan hal yang sangat penting dalam pengembangan pariwisata suatu daerah. Salah satu alat promosi pariwisata yaitu bauran promosi yang digunakan untuk menginformasikan, membujuk serta mengingatkan kembali para calon wisatawan. Dalam jangka waktu 2014-2017, jumlah kunjungan wisatawan Pulau Bawean mengalami peningkatan terutama wisatawan mancanegara. Peningkatan jumlah wisatawan Pulau Bawean secara signifikan terjadi pada tahun 2017. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui strategi promosi pariwisata Pulau Bawean serta peran yang dilakukan oleh setiap elemen. Untuk menyelesaikan penelitian ini digunakan metode studi kasus dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi langsung, dokumentasi, dan bukti fisik. Hasil peneltian ini menunjukkan bahwa Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Gresik tidak membuat pesan promosi, sedangkan tour and travel agent Bawean Tourism melakukan seluruh strategi promosi, dan masyarakat Bawean yang tergabung dalam kelompok sadar wisata juga ikut membuat program promosi. Dalam Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Daerah Kabupaten Gresik telah disebutkan peran setiap elemen pelaku promosi pariwisata Pulau Bawean. Bawean tourism merupakan satu-satunya elemen yang melaksanakan seluruh peran yang telah ditetapkan. Dari hasil tersebut dapat disarankan kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Gresik untuk segera melakukan kajian branding pariwata untuk menentukan pesan promosi Pulau Bawean, lebih menjalin kejasama dan hubungan baik dengan elemen lainnya.

Kata kunci: Strategi Promosi Pariwisata, Bauran Promosi, Kabupaten Gresik, Pulau Bawean,


Abstract

Promotion strategy is very important to develop tourism in a region. One of the tourism promotion tools is a promotion mix that used to inform, persuade and remind potential tourists. In the period of 2014-2017, the number of tourists that visited Bawean Island is increase, especially foreign tourists. Significant increase in the number of tourists on Bawean Island occurred in 2017. This research aims to find out Bawean Islands tourism promotion strategies and the role carried out by each element. This study using case study method with a qualitative descriptive approach. The data collected by interviews, direct observation, documentation, and physical evidence. The results of this study indicate that the Department of Tourism and Culture (Disparbud) of Gresik Regency did not make a promotional message, while the Bawean Tourism tour and travel agent carried out all promotion strategies, and tourism conscious group (Pokdarwis) Bawean community have made a promotional program. In the Master Plan for the Development of the Regional Tourism (RIPKA) of Gresik Regency has mentioned the role of each element of Bawean island tourism promotion. Bawean Tourism tour and travel agent is the only element that carries out all the roles that have been determined. The observer suggested to the Department of Tourism and Culture of Gresik Regency to immediately conduct tourism branding studies to determine the promotion message for Bawean island, to establish cooperation and good relations with other elements.

Keyword: Tourism Promotion strategy, Promotion Mix, Gresik Regency, Bawean Island

Published
2018-12-26
How to Cite
ASFARINA, L., & SARI SUKARDANI, P. (2018). Analisis Strategi Promosi Pariwisata Pulau Bawean Kabupaten Gresik. The Commercium, 1(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/26388
Abstract Views: 108
PDF Downloads: 211