Representasi Konsep Kecantikan Perempuan di Era Millennials Melalui Beauty Influencer Pada Media Sosial Instagram

  • AYUSTIN BUDI HAPSARI
  • PUSPITA SARI SUKARDANI

Abstract

Abstrak

Kecantikan perempuan menjadi objek komoditas yang dikonsumsi secara visual yang pada akhirnya perempuan menjadikan hal tersebut sebagai pertimbangan terhadap dirinya dengan perempuan lain melalui media televisi, internet, majalah, maupun media sosial. Standar kecantikan selalu berubah seiring berkembangnya jaman. Di Era Millennials media sosial Instagram dijadikan salah satu wadah untuk menyampaikan pesan tentang standar kecantikan perempuan. Pesan-pesan tersebut disampaikan melalui gambar visual. Representasi konsep kecantikan perempuan millennials tersebut di visualisasikan melalui tiga akun Instagram beauty influencer yaitu @sarahayuh_, @abellyc dan @rachgoddard. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pisau analisi semiotika Roland Barthes yaitu mencari makna denotasi, konotasi dan mitos dari masing masing foto. Hasil dari penelitian ini dikaitkan dengan teori kajian budaya, budaya populer serta konsep dan mitos kecantikan. Lalu Hasil dari penelitian ini adalah perempuan di era millennials memiliki kebebasan untuk menjadi cantik versi dirinya sendiri dan tidak membandingkan apa yang ada pada dirinya dengan apa yang ada pada perempuan lain. Konsep kecantikan perempuan millennials juga tidak cukup hanya dilihat dari apa yang tampak cantik di luar namun kecantikan diri dari dalam juga menunjang konsep cantik perempuan millennials.

Kata kunci: Semiotika, Kecantikan, Instagram, Budaya Populer.

Abstract

Beauty women into objects of commodities consumed visually that ultimately women make it as consideration against her with other women through the medium of television, the internet, magazines, as well as socialmedia. The standard of beauty is always changing along with the development of the world. In the era of millennials, social media Instagram made one of the containers to convey messeges about the standard of beauty for woman. The messages conveyed through visual images. Beauty concept representation of women in milleninials era visualize through three accounts Instagram beauty influencer namely @sarahayuh_, @abellyc, dan @rachgoddard. This type of research is quantitative research using analysis knives of semiotics Roland barthes for finding the meaning of denoted, connotation, dan myth of each photo. The result of this research are associated with theories of cultural studies, popular culture, and the concept of beauty and myth. Then the result is woman in the era of millennials have the freedom to be gorgeous version of herself and doesn’t compare what there in on her with what in on the other woman. The consept of female beauty millennials are also not enough to just see from what looks pretty on the outside but also from within the self beauty to support the concept of millennials beauty woman’s.

Keywords: semiotik, beauty, instagram, popular culture.

Published
2019-01-14
How to Cite
BUDI HAPSARI, A., & SARI SUKARDANI, P. (2019). Representasi Konsep Kecantikan Perempuan di Era Millennials Melalui Beauty Influencer Pada Media Sosial Instagram. The Commercium, 1(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/26570
Abstract Views: 636
PDF Downloads: 939