PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM JEJE RADIO DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PENDNEGAR

  • HIKMATUL MAANI
  • DANANG TANDYONOMANU

Abstract

AbstrakRadio adalah sarana alat pemancar siaran atau sebagai media penyampai komunikasi secara audio. Seiring perkembangan teknologi yang sangat cepat, radio yang awalnya merupakan media penyampai informasi yang efektif bagi masyarakat perlahan-lahan mulai bergeser perannya dengan hadirnya jaringan internet yaitu layanan media sosial. Pesatnya penggunaan internet membuat Jeje Radio yang bersegmen remaja atau anak muda harus beradaptasi dan mulai memanfaatkan media sosial instagram untuk selalu update memenuhi kebutuhan anak muda sekarang serta mendukung keberhasilan program siaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan instagram Jeje Radio dalam meningkatkan kepuasan pendengar. Rancangan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang dianalisis menggunakan tipe penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan secara online dengan berupa kuisioner yang bisa diisi melalui link yang akan dibagikan melalui direct message (DM) ke masing-masing akun instagram aktif Jeje Radio yang terpilih dengan beberapa kriteria sampel sebagai responden penelitian yang berjumlah 105 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Deskriptif dan Regresi Linier Berganda. Berdasarkan hasil analisis data, dapat diketahui bahwa Penggunaan Media Sosial Instagram Jeje Radio mampu meningkatkan kepuasan pendengar.

Kata kunci: Radio, Jeje Radio Surabaya, Media Sosial Instagram, kepuasan pendengar.

Abstract

Radio is a means of broadcasting transmitters or as a medium for delivering audio communication. Along with the rapid development of technology, the radio which was originally an effective information delivery media for the people gradually began to shift its role to the presence of the internet network, the call social media services. The rapid internet users make Jeje Radio, a segment of teenagers or young people, have to adapt and start using Instagram social media to keep up to date to meet the needs of young people now and to support the success of broadcast programs. This study aims to determine the effect of using Jeje Radio instagram in increasing listeners satisfaction. The design in this study uses a quantitative approach which is analyzed using descriptive research types. Data collection is done online in the form of questionnaires that can be filled through links that will be shared through direct message (DM) to each active Jeje radio Instagram account that is selected with several sample criteria as 105 research respondents. The data analysis technique used in this study is Descriptive Analysis and Multiple Linear Regression. Based on the results of data analysis, it can be seen that the use of social media Jeje Radios Usage can increase audience satisfaction.

Keyword: Radio, Jeje Radio Surabaya, Instagram Sosial Media, Satisfaction.

Published
2019-01-14
How to Cite
MAANI, H., & TANDYONOMANU, D. (2019). PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM JEJE RADIO DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PENDNEGAR. The Commercium, 1(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/26572
Abstract Views: 186
PDF Downloads: 1765