IMPLEMENTASI GOVERNMENT PUBLIC RELATIONS DIGITAL UNTUK MEMBANGUN KOMUNIKASI DUA ARAH (STUDI KASUS PROGRAM SAPAWARGA PEMERINTAH KOTA SURABAYA)

  • ADHITYA RIFKY YULISPRIANTO
  • GILANG GUSTI AJI

Abstract

Salah satu langkah dalam mewujudkan sistem pemerintahan yang demokratis diperlukan komunikasi yang berlangsung dua arah antara pemerintah dengan masyarakat. Pemanfaatan teknologi digital dapat mempermudah praktik Government Public Relations berjalan semestinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran implementasi government public relations digital yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Surabaya untuk membangun komunikasi dua arah dengan masyarakat Kota Surabaya melalui program Sapawarga. Untuk menyelesaikan penelitian ini digunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif dengan sumber data wawancara, obserasi dan rekaman arsip. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi digital yang dimanfaatkan sebagai alat komunikasi antara Pemerintah Kota Surabaya dengan warganya menjadikan adanya pola komunikasi yang sifatnya interaktif dan dua arah. Aspirasi dan keluhan yang disampaikan kepada pemerintah kota membuat adanya penambahan struktur pembantu organisasi yaitu dibentuknya Tim Pelayanan Keluhan Pengaduan Masyarakat (TPKPM) yang dimaksudkan untuk mendorong Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam mempercepat langkah penanganan keluhan.

Kata kunci: Government Public Relations, Digital, Komunikasi Dua Arah, Pemerintah Kota Surabaya
Published
2019-01-21
How to Cite
RIFKY YULISPRIANTO, A., & GUSTI AJI, G. (2019). IMPLEMENTASI GOVERNMENT PUBLIC RELATIONS DIGITAL UNTUK MEMBANGUN KOMUNIKASI DUA ARAH (STUDI KASUS PROGRAM SAPAWARGA PEMERINTAH KOTA SURABAYA). The Commercium, 1(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/26746
Abstract Views: 138
PDF Downloads: 128