MANAJEMEN REDAKSI IDN TIMES DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN MEDIA ONLINE

  • APRILIA DEVI KUMALASARI
  • VINDA MAYA SETIANINGRUM

Abstract

Hadirnya media online di Indonesia saat ini membuat perusahaan media berlomba-lomba dalam menyajikan berita untuk khalayak. Redaksi merupakan salah satu bagian dalam perusahaan media yang mempunyai tugas dalam mengurus pemberitaan. Dalam menghadapi persaingan media online, maka setiap perusahaan perlu manajemen yang baik. Dengan adanya manajemen yang baik maka tujuan perusahaan akan tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen redaksi pada IDN Times dalam menghadapi persaingan media online dengan menerapkan fungsi manajemen Terry yaitu Planning, Organizing, Actuating, Controlling. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus. Analisis data yang digunakan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan bahwa pada redaksi IDN Times dalam menyajikan suatu berita dilakukan melalui beberapa tahapan mulai dari menyusun rencana, kerjasama anggota tim redaksi, pelaksanaan produksi berita dan melakukan evaluasi. Selain itu, dalam menghadapi persaingan media online tim redaksi IDN Times menggunakan formula focus, speed and quality, menyediakan konten positif, memanfaatkan media sosial yang dimiliki untuk mendekatkan diri kepada pembacanya dan mengembangkan komunitas menulis
Published
2019-01-21
How to Cite
DEVI KUMALASARI, A., & MAYA SETIANINGRUM, V. (2019). MANAJEMEN REDAKSI IDN TIMES DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN MEDIA ONLINE. The Commercium, 1(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/26775
Abstract Views: 193
PDF Downloads: 461