Representasi Gaya Hidup oleh Pengguna Media Sosial Instagram yang Ditampilkan Melalui Unggahan Foto Tagar #Hitskekinian

  • KANAKA BHASWARA PRABHATA
  • DANANG TANDYONOMANU

Abstract

Instagram adalah media sosial berbasis foto yang menduduki peringkat satu di Indonesia dan Dunia. Di dalam Instagram juga terdapat fasilitas Hashtags (selanjutnya disebut Tagar) yang berfungsi sebagai alat untuk mempermudah foto untuk ditemukan oleh orang lain yang menggunakan Instagram atau untuk membantu fungsi SEO (Search Engine Optimization). Fungsi tagar sudah berkembang menjadi sebuah pesan, menampilkan bagaimana sebuah identitas ditunjukkan dengan sebuah tagar. Penelitian sebelumnya menyatakan bahwa orang sengaja memanipulasi sebuah foto untuk menampilkan sebuah identitas ideal yang ingin ditunjukkan kepada khalayak. Tagar #hitskekinian adalah tagar yang memiliki unggahan terbanyak yang mewakili kata kekinian dan hits yang sering diucapkan oleh masyarakat. Data dianalisis menggunakan semiotika Roland Barthes dan ditemukan bahwa orang yang mengunggah foto dengan tagar #hitskekinian memiliki orientasi gaya hidup fashion yang rebel dan mengikuti budaya dari luar negeri, selain itu konsumsi dan kepemilikan kendaraan mahal serta berwisata ke alam bebas juga menjadi indikator gaya hidup hits dan kekinian yang ditampilkan dalam unggahan tagar #Hitskekinian.

Kata Kunci: Semiotika, Gaya Hidup, Instagram, Tagar, Hitskekinian.




Published
2019-01-28
How to Cite
BHASWARA PRABHATA, K., & TANDYONOMANU, D. (2019). Representasi Gaya Hidup oleh Pengguna Media Sosial Instagram yang Ditampilkan Melalui Unggahan Foto Tagar #Hitskekinian. The Commercium, 1(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/26913
Abstract Views: 55
PDF Downloads: 40