STUDI FENOMENOLOGI POLA KOMUNIKASI ORANG TUA PADA ENDORSER ANAK DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

  • AAN SALMA SUFRIDHA
  • PUTRI AISYIYAH RACHMA DEWI

Abstract

Pada saat ini, telah banyak bermunculan artis anak baik dari kalangan selebriti maupun kalangan biasa. Hal ini dapat mendorong orang tua memiliki inisiatif untuk menjadikan anaknya seorang artis cilik khususnya di bidang periklanan pada media sosial Instagram yang biasa disebut endorser. Pola komunikasi orang tua menjadi faktor penting dalam pengalaman yang dilakukan antara ibu dan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana orangtua khususnya seorang ibu dalam mengatur anak di setiap kegiatan endorse yang dilakukan. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi, penelitian dilakukan wawancara dan observasi secara langsung pada pelaku endorse Dengan meneliti bagaimana kegiatan endorse saat berlangsung dilakukan, hasil yang didapat meliputi pola komunikasi yang terjadi antara orang tua dengan endorser anak meliputi pola komunikasi demokratis, otoriter, transaksi, dan alih peran. Hal ini terjadi karena orang tua memiliki tujuan untuk memberi anak sebuah pengajaran mengenai profesionalitas dan tanggung jawab terhadap karir anak.

Kata kunci: Pola Komunikasi, Orang Tua, Endorser Anak

Published
2019-02-19
How to Cite
SALMA SUFRIDHA, A., & AISYIYAH RACHMA DEWI, P. (2019). STUDI FENOMENOLOGI POLA KOMUNIKASI ORANG TUA PADA ENDORSER ANAK DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. The Commercium, 1(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/27021
Abstract Views: 109
PDF Downloads: 66