KOMUNIKASI GURU DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR ANAK AUTIS (Studi Fenomenologi Komunikasi Verbal dan Non Verbal dalam Kegiatan Belajar Mengajar di Sekolah Luar Biasa Autis Mutiara Hati Surabaya)

Penulis

  • VIKA IZZA AFIANA
  • MUTIAH

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v2i1.27686

Abstrak

Autisme adalah gangguan perkembangan yaitu pada komunikasi (verbal maupun non-verbal), interaksi sosial, serta perilaku dan ketertarikan terhadap sesuatu. Anak penyadang autis susah dalam menerima sebuah pesan yang disampaikan sehingga membutuhkan gaya komunkasi yang tepat agar pesan tersampaikan dengan baik. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif yang memandang gaya komunikasi verbal dan non verbal guru dalam proses belajar mengajar. Peneliti menggunakan teknik in-depth intervie,observasi dan dokuemntasi sebagai teknik pengumpulan data, karena dengan menggunakan teknik tersebut memungkinkan untuk menggali simbol, makna, aksi dan interaksi berlangsung diantara subyek penelitian. Hasil penelitian, guru melakukan komunikasi nonverbal dan verbal dengan bantuan media pembelajaran yang ada di dalam kelas.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2019-05-22

Cara Mengutip

IZZA AFIANA, V., & MUTIAH. (2019). KOMUNIKASI GURU DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR ANAK AUTIS (Studi Fenomenologi Komunikasi Verbal dan Non Verbal dalam Kegiatan Belajar Mengajar di Sekolah Luar Biasa Autis Mutiara Hati Surabaya). The Commercium, 2(1). https://doi.org/10.26740/tc.v2i1.27686

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 89 , PDF Downloads: 116