MANAJEMEN STASIUN RADIO JARINGAN (Studi Kasus pada Suzana Radio Network)

  • DEBI AYU PUTRI DINANTI
  • GILANG GUSTI AJI

Abstract

Sebagai stasiun radio jaringan lokal yang menaungi 13 radio anggotanya, diperlukan sebuah pola kebijakan manajemen yang bertujuan untuk mengatur segala aktivitas radio anggota jaringannya. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pola kebijakan manajemen yang diterapkan di Suzana Radio Network sebagai radio induk. Untuk menyelesaikan penelitian ini digunakan metode studi kasus dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi langsung, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Suzana Radio Network telah mengatur segala aktivitas radio induk ataupun radio jaringannya secara terpusat. Sehingga Suzana Radio Network menetapkan beberapa kebijakan mulai dari divisi SDM, divisi program dan divisi marketing, yang mana masing-masing divisi menerapkan beberapa pola kebijakan untuk diberlakukan ke 13 anggota radio jaringan. Maka dapat disimpulkan bahwa Suzana Radio Network termasuk dalam ketiga tipe radio berjaringan yakni Marketing Networking, Program Networking, Owned Networking.

Kata kunci: Manajemen Stasiun Radio Jaringan, Kebijakan SDM, Kebijakan Program, Kebijakan Marketing, Suzana Radio Network.

Published
2019-05-28
How to Cite
AYU PUTRI DINANTI, D., & GUSTI AJI, G. (2019). MANAJEMEN STASIUN RADIO JARINGAN (Studi Kasus pada Suzana Radio Network). The Commercium, 2(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/27850
Abstract Views: 45
PDF Downloads: 60