Bisnis Konten Media Pada Rubrik Zetizen Dalam Pendekatan Ekonomi Politik Media

  • AL RIDHO
  • AWANG DHARMAWAN

Abstract

Zetizen merupakan salah satu anak media yang dimiliki oleh Jawa Pos grup. Kehadiran Zetizen yang notabene adalah media untuk anak muda yang merupakan bagian dari Jawa Pos grup, harus berbenturan dengan nilai kapitalisme sebagai bagian dari bisnis media saat ini. Melihat persoalan tersebut, maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana bisnis konten media pada rubrik Zetizen dalam koran Jawa Pos dalam prespektif ekonomi politik media. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kritis. Sumber data yang diperoleh adalah hasil observasi dan wawancara mendalam. Selain itu, data yang diperoleh juga dari data yang resmi dari pihak Zetizen Jawa Pos, buku, jurnal, makalah, artikel, dan hasil penelitian yang sudah ada sebelumnya yang relevan dengan penelitian ini. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori ekonomi politik media yang dikemukakan oleh Vincent Moscow. Terdapat tiga entry concept dalam teori ini, yaitu komodifikasi, spasialisasi, dan strukturasi. Untuk penelitian ini, penulis menggunakan kerangka konsep komodifikasi, baik itu komodifikasi isi, khalayak, dan pekerja. Hasil penelitian dan analisis yang dilakukan, menunjukkan bahwa konten yang ditayangkan di Zetizen terlihat adanya komodifikasi, dimana simbol dan nilai-nilai kehidupan anak muda dimodifikasi sedemikian rupa agar menjadi komoditas yang diperjualbelikan untuk mendapat keuntungan. Selain itu, peran khalayak juga sangat besar karena menjadi pendukung untuk berjalannya Zetizen ini sendiri. Ditambah lagi dengan banyaknya khalayak, Zetizen mampu membuat sebuah kegiatan untuk menaikkan engagementnya. Sedangkan komodifikasi pekerja ini terlihat dari pemilihan mahasiswa sebagai pekerjanya. Jadi komodifikasi yang dilakukan oleh Zetizen karena adanya kepentingan bisnis didalamnya, dimana Zetizen memaksimalkan segmentasinya untuk menghasilkan keuntungan.

Kata Kunci : Zetizen, Anak Muda, Ekonomi Politik Media, Komodifikasi.

Published
2019-06-27
How to Cite
RIDHO, A., & DHARMAWAN, A. (2019). Bisnis Konten Media Pada Rubrik Zetizen Dalam Pendekatan Ekonomi Politik Media. The Commercium, 2(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/28480
Abstract Views: 80
PDF Downloads: 60