MANAJEMEN KOMUNIKASI PARIWISATA THE SPIRIT OF MAJAPAHIT DI KABUPATEN MOJOKERTO

  • ANDRI DWIJULIANTO
  • PUTRI AISYIYAH RACHMA DEWI

Abstract

Indonesia merupakan negara dengan latar belakang yang cukup beragam serta memiliki potensi pariwisata yang cukup besar dan patut untuk dikembangkan. Beberapa daerah di Indonesia mulai gencar untuk mempromosikan potensi pariwisatanya melalui sebuah city branding yang diciptakan. Sepertihalnya city branding The Spirit Majapahit merupakan program dari Komunikasi Pariwisata yang dicanangakan oleh Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Mojokerto sebagai langkah uuntuk memperkenalkan potensi Pariwisata yang dimiliki oleh Kabupaten Mojokerto. Penelitian ini ini ditulis berdasarkan dengan teori yang dicanangkan oleh George R Terry, 1958 mengenai tentang fungsi manajemen yang terdiri dari Planning, Organizing, Actuating dan Controling. Dimana dalam penelitian ini, penulis melihat bagaimana cara Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan olahraga memanajemen komunikasi pariwisata dalam mewujudkan The Spirit of Majapahit yang dilaksanakan di kabupaten Mojokerto. Stakeholder dalam hal ini sebagai mitra Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga juga menjadi objek penelitian sehingga dapat melihat bagaimana proses manajamen komunikasi pariwisata yang selama ini sudah dilakukan di Kabupaten Mojokerto. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa upaya dalam manajemen komunikasi pariwisata untuk mewujudkan The Spirit Of Majapahit di Kabupaten Mojokerto sudah terlaksana cukup baik. Hal ini dikarenakan adanya peningkatan kunjungan wisatawan dan pendapatan asli daerah yang memenuhi.

Kata Kunci : Prinsip Manajemen, Komunikasi Pariwisata, Kabupaten Mojokerto






Published
2019-07-16
How to Cite
DWIJULIANTO, A., & AISYIYAH RACHMA DEWI, P. (2019). MANAJEMEN KOMUNIKASI PARIWISATA THE SPIRIT OF MAJAPAHIT DI KABUPATEN MOJOKERTO. The Commercium, 2(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/29173
Abstract Views: 251
PDF Downloads: 279