Komunikasi Terapeutik Bidan Delima Sidoarjo Dalam Melayani Pasien Badan Penyelenggara Jaminan Sosial

  • NUR ATIKA
  • DANANG TANDYONOMANU

Abstract

Pemerintah mengeluarkan kebijakan berupa program jaminan kesehatan yang dikelola oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) namun dalam pelaksanaannya masih ditemukan kendala. Salah satunya adalah perbedaan pelayanan yang diterima oleh pasien BPJS dan pasien umum. Sisi empati tenaga kesehatan dirasa kurang di mata pasien BPJS. Bidan sebagai salah satu tenaga kesehatan turut berperan dalam memberikan pengertian kepada pasien mengenai BPJS. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui komunikasi terapeutik Bidan Delima Sidoarjo dengan pasien BPJS yang dihubungkan dengan teori interaksi simbolik. Untuk menyelesaikan penelitian ini digunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian komunikasi terapeutik yang dilakukan Bidan Delima Sidoarjo dengan pasien BPJS yaitu menekankan pada pendekatan kekeluargaan, penjelasan informasi yang berkelanjutan mengenai BPJS, mengedepankan sifat altruisme, memotivasi pasien untuk meningkatkan partisipasi pasien BPJS.

Kata Kunci: komunikasi Terapeutik, Bidan Delima, BPJS

Published
2019-07-24
How to Cite
ATIKA, N., & TANDYONOMANU, D. (2019). Komunikasi Terapeutik Bidan Delima Sidoarjo Dalam Melayani Pasien Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. The Commercium, 2(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/29523
Abstract Views: 70
PDF Downloads: 216