STRATEGI KOMUNIKASI PEMERINTAH KOTA BLITAR DALAM PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (Studi Kasus Program Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Karangsari Kota Blitar Melalui Agrowisata Kampung Belimbing)

  • YOANINDHA ADHENA SHINTA
  • AWANG DHARMAWAN

Abstract

Di kota Blitar, terdapat daerah yang memiliki potensi kampung agrowisata yaitu “wisata kampung belimbing” yang terletak di kelurahan Karangsari dan sudah diperkenalkan sejak 2003. Dulu masyarakat menganggap bahwa hasil dari komoditas belimbing tidak dapat memenuhi kebutuhan mereka, hal ini kemudian mendorong pemerintah melakukan pemberdayaan masyarakat. Kini kampung agrowisata belimbing Karangsari memiliki ≥ 35.000 pohon belimbing dengan hasil panen 5.600 ton buah per-tahun. Masyarakat juga membuat produk olahan belimbing dan telah beromzet Rp 22,4 miliar per-tahun. Belimbing Karangsari sekarang telah berkembang menjadi maskot kota Blitar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemerintah kota Blitar dalam program pemberdayaan masyarakat di kelurahan Karangsari melalui agrowisata kampung belimbing. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan analisis studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang digunakan pemerintah kota Blitar dilakukan melalui jalur dinas-dinas yang memiliki tugas dan fungsi pokok masing-masing. Diantaranya : Dinas Pariwisata dengan strategi komunikasi melalui promosi pariwisata, Dinas Koperasi dan UMKM dengan melakukan sosialisasi secara prosedural mengenai produk olahan blimbing dari proses produksi hingga teknik pemasaran, Dinas Pertanian dengan memberikan pelatihan pertanian serta pupuk bersubsidi sebagai pendukung produktifitas tanaman belimbing, serta Dinas Perdagangan yang memberikan penyuluhan terkait manajemen produk termasuk legalitas usaha dan proses perizinan usaha.

Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Agrowisata, Pemberdayaan Masyarakat
Published
2019-07-29
How to Cite
ADHENA SHINTA, Y., & DHARMAWAN, A. (2019). STRATEGI KOMUNIKASI PEMERINTAH KOTA BLITAR DALAM PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (Studi Kasus Program Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Karangsari Kota Blitar Melalui Agrowisata Kampung Belimbing). The Commercium, 2(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/29776
Abstract Views: 93
PDF Downloads: 128