ANALISIS MANAJEMEN EVENT DEVELOPMENTAL BASKETBALL DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG

  • GIGHA PENTA PRAKARSA
  • PUSPITA SARI SUKARDANI

Abstract

Penelitian ini membahas tentang bagaimana manajemen event Developmental Basketball League dalam meningkatkan jumlah pengunjung di Surabaya tahun 2018. Penelitian ini dilakukan karena ketertarikan akan proses manajemen seperti apa yang dilakukan oleh pihak penyelenggara event Developmental Basketball League dalam meningkatkan minat pengunjung. Diketahui event tersebut diselenggarakan sejak tahun 2004 hingga saat ini, dan setiap tahunnya mengalami peningkatan dari segi pengunjung. Peneliti melakukan analisis manajemen event dengan mengacu pada model manajemen event dari Goldbatt (2002), yang menjelaskan tentang lima tahapan dalam penyelenggaraan event yaitu research, design, planning, coordination dan evaluation.

Penelitian yang dilakukan menggunakan metode studi kasus dengan menguaraikan secara deskriptif data primer dari hasil wawancara dan pencarian data-data sekunder dari dokumen-dokumen perusahaan untuk memperoleh hasil secara menyeluruh dan mendalam.

Hasil dari penelitian ini menjelaskan proses manajemen event DBL terdiri dari tiga tahap yaitu pra perencanaan, perencanaan, dan pelaksanaan. Dalam meningkatkan jumlah pengunjung pihak penyelenggara menerapan integrated marketing communication dengan berbagai model, mulai dari direct selling, mass selling, hingga sales promotion.

Kata Kunci: Manajemen Event, IMC, Developmental Basketball League

Published
2019-08-13
How to Cite
PENTA PRAKARSA, G., & SARI SUKARDANI, P. (2019). ANALISIS MANAJEMEN EVENT DEVELOPMENTAL BASKETBALL DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG. The Commercium, 2(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/30227
Abstract Views: 72
PDF Downloads: 390