CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS (Studi Kasus Program CSR “Decofresh Warnai Jodipan” PT. Inti Daya Guna Aneka Warna)

  • ADIYANI KARTIKA PUTRI
  • GILANG GUSTI AJI

Abstract

Pada persaingan bisnis yang kompleks, perpaduan antara PR dan marketing menjadi salah satu cara yang dapat dimanfaatkan oleh perusahaan untuk dapat memikat pangsa pasar. Marketing Public Relation yang merupakan perpaduan tersebut menjadi penting bagi perusahaan tidak hanya sekedar untuk merangsang tetapi juga menyampaikan informasi kepada publik untuk menciptakan kesan positif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana CSR mampu menjadi sebuah strategi MPR yang diutamakan oleh perusahaan. Dalam penelitian ini menggunakan konsep three ways strategy oleh Ruslan (2012) yaitu pull strategy, push strategy, dan pass strategy. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa CSR perusahaan ini menjadi tema utama yang kemudian diadopsi untuk pengembangan iklan, event, dan pemberitaan perusahaan. Program ini memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap penjualan dan nama perusahaan yang semakin dikenal.
Kata kunci: Marketing public Relations, Corporate Social Responsibility, Decofresh Warnai Jodipan.

Published
2019-11-08
How to Cite
KARTIKA PUTRI, A., & GUSTI AJI, G. (2019). CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS (Studi Kasus Program CSR “Decofresh Warnai Jodipan” PT. Inti Daya Guna Aneka Warna). The Commercium, 2(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/30863
Abstract Views: 198
PDF Downloads: 167