STRATEGI CITY BRANDING KOTA KEDIRI MELALUI “HARMONI KEDIRI : THE SERVICE CITY”

  • ANIS EPITA SANTI
  • GILANG GUSTI AJI

Abstract

Kediri adalah salah satu kota terbesar nomor tiga di Jawa Timur setelah Surabaya dan Malang. Dalam menemukan identitasnya, Kota Kediri melakukan sebuah City Branding. City Branding adalah strategi dalam menemukan identitas kota untuk memperkenalkan kota kepada masyarakat luas. Dalam melakukan city branding, Kota Kediri memanfaatkan potensinya yaitu pendidikan, Jasa dan Perdagangan. Berdasarkan potensi tersebut maka Kota Kediri membentuk sebuah brand Harmoni Kediri : The Service City yang memiliki arti Kota Jasa dan Pelayanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi city branding yang dilakukan Pemerintah Kota Kediri dalam membentuk brand Harmoni Kediri : The Service City. Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam pembentukan brand Harmoni Kediri : The Service City Pemerintah Kota Kediri menggunakan lima metode City Branding dari Mike Moser yaitu menentukan nilai merk inti kota, menentukan pesan merk inti kota, menentukan kepribadian yang inti, menentukan ikon merek kota dan perancangan peta jalan merk (Brand Roadmap).

Kata Kunci: City Branding, Strategi City Branding, Harmoni Kediri : The Service City

Published
2019-11-21
How to Cite
EPITA SANTI, A., & GUSTI AJI, G. (2019). STRATEGI CITY BRANDING KOTA KEDIRI MELALUI “HARMONI KEDIRI : THE SERVICE CITY”. The Commercium, 2(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/30954
Abstract Views: 111
PDF Downloads: 310