PENERAPAN KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM AKTIVITAS PEMASARAN ASURANSI PT PRUDENTIAL LIFE ASSURANCE SURABAYA

  • FAIRUZA ARINDRA
  • DANANG TANDYONOMANU

Abstract

Meningkatnya kebutuhan hidup manusia tidak sebanding dengan kesadaran masyarakat tentang perlindungan diri di masa depan. Dalam hal ini angka kesadaran masyarakat akan asuransi di Indonesia masih relatif rendah. Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya asuransi, penelitian ini membahas bagaimana agen asuransi memasarkan produknya dengan pendekatan komunikasi persuasif. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana komunikasi persuasif yang diterapkan mampu menjadi sebuah strategi yang diutamakan oleh tenaga pemasar. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus yang menggunakan asuransi Prudential sebagai subjek penelitian. Data diperoleh dengan cara observasi dan wawancara kepada pimpinan, agen sebagai komunikator serta nasabah sebagai komunikan. Berdasarkan hasil temuan disimpulkan bahwa kedekatan yang tercipta akibat dari proses persuasi menumbuhkan kenyamanan sehingga menyebabkan seseorang mudah menerima ide yang disampaikan oleh komunikator.

Kata kunci :Komunikasi Persuasif, Asuransi, Agen Asuransi, Nasabah
Published
2019-12-05
How to Cite
ARINDRA, F., & TANDYONOMANU, D. (2019). PENERAPAN KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM AKTIVITAS PEMASARAN ASURANSI PT PRUDENTIAL LIFE ASSURANCE SURABAYA. The Commercium, 2(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/31097
Abstract Views: 218
PDF Downloads: 134