IMPLEMENTASI BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN WANA WISATA PADUSAN PACET KABUPATEN MOJOKERTO DALAM MENINGKATKAN JUMLAH WISATAWAN

Authors

  • ZUMROTUL RIZKY AMALIA
  • MUTIAH

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v2i2.31191

Abstract

Pada masa sekarang pariwisata di Indonesia mulai berkembang Beberapa daerah di Indonesia mulai gencar untuk mempromosikan potensi pariwisatanya melalui strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan. Seperti halnya Kabupaten Mojokerto memiliki potensi wisata alam salah satunya adalah Wana Wisata Padusan Pacet yang berkembang melalui program bauran komunikasi pemasaran Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Mojokerto sebagai langkah dalam meningkatkan jumlah wisatawan yang ada di Wana Wisata Padusan Pacet. Penelitian ini ini ditulis berdasarkan dengan teori yang dicanangkan oleh Kotler dan Amstrong, 2012 mengenai bauran komunikasi 7P yang terdiri dari Product, Price, Place. Promotion, Physical Evidence, People, Process. Dalam penelitian ini, penulis melihat bagaimana cara Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan olahraga mengimplementasi bauran komunikasi pemasaran pariwisata dalam meningkatkan jumlah wisatawan di Wana Wisata Padusan Pacet Kabupaten Mojokerto. Stakeholder dan pengunjung dalam hal ini juga menjadi objek penelitian sehingga dapat melihat bagaimana implementasi bauran komunikasi pemasaran yang selama ini sudah dilakukan di Kabupaten Mojokerto. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa upaya dalam mengimplementasikan bauran komunikasi pemasaran untuk meningkatkan jumlah wisatawan wana wisata Padusan Pacet di Kabupaten Mojokerto sudah terlaksana cukup baik. Hal ini dikarenakan adanya peningkatan kunjungan wisatawan dan pendapatan asli daerah yang memenuhi. Namun, masih ada beberapa hambatan dan juga permasalahan yang ditemukan di lapangan sehingga perlu diadakannya evaluasi agar program dari bauran komunikasi pemasaran ini akan dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan tujuan yang dicanangkan.Kata Kunci : Strategi Komunikasi Pemasaran, Bauran Komunikasi Pemasaran, Kabupaten Mojokerto

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-12-12

How to Cite

RIZKY AMALIA, Z., & MUTIAH. (2019). IMPLEMENTASI BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN WANA WISATA PADUSAN PACET KABUPATEN MOJOKERTO DALAM MENINGKATKAN JUMLAH WISATAWAN. The Commercium, 2(2). https://doi.org/10.26740/tc.v2i2.31191
Abstract views: 67 , PDF Downloads: 579