Impression Manangement Beauty Influencer Di Media Sosial Instagram

  • INAYATUL AROFAH
  • DANANG TANDYONOMANU

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh maraknya fenomena yang terjadi di media sosial Instagram sebagai ajang eksistensi diri. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui pengelolaan kesan yang dilakukan oleh Beauty Influencer di media sosial Instagram. Fokus utama penelitian ini adalah analisis dari aktifitas yang dilakukan objek dalam akun Instagram. Meliputi foto dan video yang diunggah guna meningkatkan citra diri sebagai bentuk dari tampilan Front Stage. Berikut juga dengan persiapan yang dilakukan untuk menunjang penampilan di panggung depan melalui berbagai aktivitasnya di luar kepentingan di Instagram sebagai bentuk dari tampilan Back Stage. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Melalui wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Penentuan informan dilihat dari engagement rate di atas 3% dan jenis beauty influencer yang masuk pada kategori micro influencer. Hasil dari penelitian ini ditemukan berbagai kesan yang ditampilkan pada Instagram beauty influencer untuk menunjang dirinya sebagai public figure. Dari aktifitas tersebut terlihat kesan yang dapat menimbulkan eksistensi sehingga menghasilkan berbagai keuntungan untuk seorang beauty influencer. Tetapi hal tersebut berbanding terbalik dengan kesan yang ditampilkan di belakang media sosial Instagram, yang mana tidak menampakan kesan-kesan seperti halnya tampilan dirinya di depan panggung.

Kata Kunci: Pengelolaan Kesan, Beauty Infuencer, Eksistensi.

Published
2020-01-14
How to Cite
AROFAH, I., & TANDYONOMANU, D. (2020). Impression Manangement Beauty Influencer Di Media Sosial Instagram. The Commercium, 2(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/31622
Abstract Views: 155
PDF Downloads: 144