Seksualitas Dalam Budaya Siber Masyarakat Digital Indonesia ( Studi Netnografi Terhadap Akun Twitter dan Follower @Wariman_)

  • MOCH. ABDUL MACHFUD
  • PUTRI AISYIYAH RACHMA DEWI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana persepsi warga net pengguna Twitter pengikut akun Wariman terhadap seksualitas. Penelitian ini menggunakan teknik analisis media siber. Metode yang digunakan adalah netnografi dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan cara wawancara terhadap pemegang akun Wariman dan pengikut akun tersebut, menjalankan observasi secara langsung dan melakukan pengumpulan data yang berupa dokumen pendukung. Hasil dari penelitian ini adalah 1) berdasarkan persepsinya terhadap seksualitas, pengikut akun Twitter Wariman dibagi menjadi beberapa kelompok, 2) bentuk seksualitas menurut pengikut akun Twitter Wariman terdiri dari beberapa macam, 3) motif pengikut akun Twitter Wariman mengunggah unggahan seksualitas adalah berbagi pengalaman seksual dan edukasi seks, 4) konten dewasa yang diunggah oleh Wariman pada akun Twitternya adalah hal sama yang dilakukan di dunia nyata.Kata Kunci: Twitter, Wariman, Warga net, Netnografi, Seksualitas.
Published
2020-01-14
How to Cite
ABDUL MACHFUD, M., & AISYIYAH RACHMA DEWI, P. (2020). Seksualitas Dalam Budaya Siber Masyarakat Digital Indonesia ( Studi Netnografi Terhadap Akun Twitter dan Follower @Wariman_). The Commercium, 2(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/31628
Abstract Views: 106
PDF Downloads: 116