KOMUNIKASI ANTARPERSONAL PADA PASANGAN BERBASIS APLIKASI KENCAN ONLINE (STUDI DESKRIPTIF MAHASISWA NEGERI SURABAYA PENGGUNA APLIKASI TINDER)

  • MUHAMAD RIZAL LAWADO
  • PUSPITA SARI SUKARDANI

Abstract

Terdapat beragam macam aplikasi yang dapat digunakan oleh pengguna smartphone. Seperti transportasi online, media sosial, untuk belanja online, maupun dalam mencari informasi berita. Bahkan kebutuhan pengguna untuk berkencan juga disediakan didalam aplikasi tersebut. Dengan berkembangnya teknologi yang didukung oleh internet membuat pencarian pasangan berbasis kencan online mulai dikenal, diunduh dan digunakan para pengguna smartphone. Pengguna aplikasi kencan online yang ingin mencari pasangan tidak harus bertemu secara langsung dengan pengguna lainnya, melainkan berinteraksi melalui aplikasi tersebut dengan menggunakan smartphone diawali dari tahap pencarian pasangan hingga pendekatan. Aplikasi berbasis kencan online (online dating) dapat diunduh pengguna smartphone dan memudahkannya dalam mencari pasangan dengan saling berkenalan pada awalnya secara online. Salah satu diantara aplikasi berbasis kencan online (online dating) yang difokuskan dalam penelitian ini yaitu aplikasi Tinder. Penelitian ini membahas proses komunikasi antarpersonal pada pasangan pengguna aplikasi kencan online tinder dikalangan mahasiswa Universitas Negeri Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melakukan wawancara kepada pasangan informan. Berdasarkan hasil penelitian ini komunikasi antarpersonal yang terjadi pada pasangan pengguna aplikasi Tinder dilihat dari proses penetrasi yang dilalui antar individu dan efektifitas komunikasi yang terbentuk, selanjutnya setelah menjalani hubungan berlanjut pada proses relational maintenance agar hubungan bersifat stabil.

Kata kunci: Kencan Online, Tinder, Komunikasi Antarpersonal, Computer Mediatec Communication (CMC)
Published
2020-01-14
How to Cite
RIZAL LAWADO, M., & SARI SUKARDANI, P. (2020). KOMUNIKASI ANTARPERSONAL PADA PASANGAN BERBASIS APLIKASI KENCAN ONLINE (STUDI DESKRIPTIF MAHASISWA NEGERI SURABAYA PENGGUNA APLIKASI TINDER). The Commercium, 2(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/31642
Abstract Views: 654
PDF Downloads: 578