PENGARUH CELEBRITY ENDORSER TASYA FARSYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAKEUP

  • NOVIA KUSUMA WARDANI

Abstract

Abstrak

Celebrity endorseradalah seorang celebrity yang menjadi pendukung iklan dalam suatu produk dan dikenal sebagai bintang iklan sebagai pendukung produk iklan tersebut. Peneliti menggunakan teori Kredibilitas Sumber (Hovland Janis & Kelley) dan teori keputusan pembelian (Philip Kottler). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah celebrity endorses Tasya Farasya dapat mempengaruhi keputusan produk makeup. Penelitian dengan metode pendekatan kuantitatif ini, mendapatkan hasil bahwa beberapa faktor yang ada seperti Trustworthiness(X1), Expertise(X2), Attraction(X3), Respect(X4), Similarity(X5) dapat mempengaruhi Keputusan Pembelian viewers akun YouTube celebrity endorser Tasya Farasya terhadap produk kecantikan atau kosmetik.

Kata Kunci : Celebrity Endorser, Keputusan Pembelian, Makeup

Abstract

Celebrity endorser is a celebrity who is a supported of advertising in a product and is known as an ad star a support of the advertisement product. Theories used are source Credibility theory (Hovland Janis & Kelley) and purchasing decision theory (Philip Kottler). The aims of this research is to determine whether celebrity endorser Tasya Farasya can influence purchasing decisions for makeup products. This research with quantitative approach method, get result obtained fromseveral factors such as Trustworthiness (X1), Expertise X2), Attraction (X3), Respect (X4), Similarity (X5) can influence Purchasing Decisions on viewers on YouTube beauty vlogger Tasya Farasya account for beauty product or makeup.

Keywords: Celebrity Endorser, Purchase Decision, Makeup

Published
2020-01-16
How to Cite
KUSUMA WARDANI, N. (2020). PENGARUH CELEBRITY ENDORSER TASYA FARSYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAKEUP. The Commercium, 2(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/31728
Abstract Views: 176
PDF Downloads: 1350