ADAPTASI TELEVISI LOKAL DI ERA KONVERGENSI (Studi Kasus Manajemen Penyiaran Pada Sakti TV Madiun Jawa Timur)

  • LUQMAN HAKIM AL ANSHORI

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana stasiun televisi sakti tv madiun melakukan adaptasi di era konvergensi agar bisa mempertahankan eksistensinya. Penelitian ini menggunakan teori manajemen POAC dan konvergensi media. Metode yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan cara wawancara terhadap beberapa kepala departemen yang ada di sakti tv, menjalankan observasi secara langsung dan melakukan pengumpulan data yang berupa dokumen pendukung. Hasil dari penelitian ini adalah 1) sakti tv sangatlah berperan dalam mempertahankan kebudayaan madiun dengan memprioritaskan lokalitas di tiap kontennya, 2) sakti tv sangatlah memanfaatkan konvergensi dalam manajemen POAC mereka, namun, tidak terlalu terlihat signifikan dalam fungsi planning, 3) sakti tv juga memanfaatkan media baru dalam program kontennya dengan melakukan konvergensi di berbagai platform di dunia maya, 4) sakti tv mengoptimalkan upaya konvergensi pada media sosial facebook dan youtube.

Kata Kunci : Sakti tv, Manajemen, Konvergensi, Studi Kasus, Televisi Lokal


ABSTRACT

THE ADAPTATION OF LOCAL TELEVISION IN CONVERGENCE ERA (CASE STUDY OF BROADCASTING MANAGEMENT ON SAKTI TV EAST JAVA)

This study aims to understand how the tv station Sakti tv Madiun adapted in the era of convergence in order to maintain its existence. This study uses POAC management theory and media convergence. The method used is a case study with a descriptive qualitative approach. Data collection techniques were obtained by interviewing several heads of departments in the tv station, conducting direct observations and collecting data in the form of supporting documents. The results of this study are 1) Sakti tv plays an important role in maintaining the culture of Madiun by prioritizing locality in each of its contents, 2) Sakti tv makes great use of convergence in their POAC management, however, it does not look too significant in planning functions, 3) Sakti tv also utilizes new media in its content program by converging on various platforms on the internet, 4) Sakti tv optimalize convergence’s efforts on social media facebook and youtube.

Keywords : Sakti tv, Management, Convergence, Case Study, Local Television

Published
2020-01-17
How to Cite
HAKIM AL ANSHORI, L. (2020). ADAPTASI TELEVISI LOKAL DI ERA KONVERGENSI (Studi Kasus Manajemen Penyiaran Pada Sakti TV Madiun Jawa Timur). The Commercium, 2(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/31760
Abstract Views: 62
PDF Downloads: 77