STRATEGI MANAJEMEN MEDIA LEMBAGA PENYIARAN PUBLIK LOKAL SUARA SIDOARJO 100,9 FM DALAM MEMPERTAHANKAN JUMLAH PENDENGAR

  • RISKY AMALIA ANGGRAINI
  • AWANG DHARMAWAN

Abstract

Abstrak

LPPL Radio Suara Sidoarjo merupakan lembaga penyiaran yang berbentuk badan hukum yang didirikan oleh Pemerintah Sidoarjo sejak tahun 1971. Suara Sidoarjo memiliki frekuensi 100.9 FM mengawali siarannya sebagai radio hiburan, dimana sebagian besar programnya berisi musik dan promosi. Namun sejak tahun 2017, Suara Sidoarjo mengubah format siarannya menjadi radio news. Pen elitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui strategi manajemen media LPPL Radio Suara Sidoarjo dalam mempertahankan jumlah pendengarnya. Untuk menyelesaikan penelitian ini digunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi langsung, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LPPL Radio Suara Sidoarjo menggunakan tiga strategi dalam mempertahankan jumlah pendengarnya. Strategi tersebut yaitu strategi kekuatan content, strategi mendekati audiens, dan strategi capital. Dari hasil tersebut dapat disarankan kepada Pemerintah Kabupaten Sidoarjo agar terus melibatkan LPPL Radio Suara Sidoarjo dalam setiap acara atau kegiatan yang dilakukan, agar dapat memberitakan kepada publik. Dan saran untuk LPPL Radio Suara Sidoarjo agar lebih mengenalkan dan mensosialisasikan program-program baru yang komunikatif secara menyeluruh, agar segmentasi yang dituju lebih luas lagi.

Kata Kunci : Strategi Manajemen Media, Lembaga Penyiaran Publik Lokal Suara Sidoarjo, Jumlah Pendengar

Abstract

LPPL Radio Suara Sidoarjo is a broadcasting institution in the form of a legal entity established by the Sidoarjo Government since 1971. Suara Sidoarjo has a frequency at 100.9 FM, starting its broadcast as entertainment radio, where most of its programs contain music and promotions. But since 2017, Suara Sidoarjo has to change its broadcast format to become radio news. This research conducted aiming to find out the media management strategy of LPPL Radio Suara Sidoarjo in maintaining the number of its listeners. To complete this study a qualitative descriptive approach method was used. Techniques that use to collect the data are done by interview, direct observation, and documentation. The results of this research indicate that LPPL Radio Suara Sidoarjo uses three strategies in maintaining the listeners. These strategies are content strength strategy, approaching audience strategy, and capital strategy. From these results it can be suggested to the Sidoarjo Regency Government to continue involve LPPL Radio Suara Sidoarjo on every event or activity carried out, so can inform to the public. And suggestions to LPPL Radio Suara Sidoarjo to better introduce and socialize new communicative programs as a whole, so that the intended segmentation is wider.

Keywords: Media Management Strategy, Local Public Broadcasting Institution, Number of Listeners









Published
2020-05-28
How to Cite
AMALIA ANGGRAINI, R., & DHARMAWAN, A. (2020). STRATEGI MANAJEMEN MEDIA LEMBAGA PENYIARAN PUBLIK LOKAL SUARA SIDOARJO 100,9 FM DALAM MEMPERTAHANKAN JUMLAH PENDENGAR. The Commercium, 3(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/33717
Abstract Views: 68
PDF Downloads: 59