Pengaruh E-WOM terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik (Survey Followers Aktif Akun @Jelitacosmetic)

  • YOLLA MULIA ILHAWA MAY SUDARITA
  • DANANG TANDYONOMANU

Abstract

Penelitianiiini membahas tentang pengaruh ulasan atau Electronic Word Of Mouthii(E-WOM) terhadap keputusaniipembelian produk kosmetik di platform belanja online. E-WOMii(ElectroniciiWord of Mouth) adalah pernyatan positif atau negatif yang dibuat oleh pemakaiiatau mantan pemakai tentang suatu produk, jasa, atau perusahan melalui internet. Objek dalam penelitian ini adalah jelita cosmetic, ia adalah salah satu online shop yang menggunakan akun e-commerce sebagai media penjualnya. Berdiri sejak tahun 2005 dan memiliki tiga offline store (Surabaya, Yogyakarta, Jakarta). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dalam pemilihan objek, jelita cosmetic menjadi salah satu online shop yang dirujuk oleh masyarakat untuk berbelanja kosmetik secara online. Penelitian ini menggunakan empat variabel E-WOM yaitu intensitas, komentar positif, komentar negatif dan konten. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantiatif dengan metode regresi linier berganda. Teknik pengambilan yang digunakan untuk mengambil sample adalah Probability Sampling dan cara untuk mengumpulkan data adalah dengan menggunakan simple random sampling yaitu dengan cara membagikan kuisioner online kepada 400 followers aktif jelita cosmetic. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, secara simultan seluruh variabel E-WOMiiberpengaruh terhadap keputusan pembelian yaitu sebesar 46.6% dan variabel E-WOM iyang paling besar dalam mempengatuhi keputusan pembelian yaitu komentar positif dengan nilai 10.747.


Published
2020-06-26
How to Cite
MULIA ILHAWA MAY SUDARITA, Y., & TANDYONOMANU, D. (2020). Pengaruh E-WOM terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik (Survey Followers Aktif Akun @Jelitacosmetic). The Commercium, 3(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/34876
Abstract Views: 438
PDF Downloads: 446