Konstruksi Identitas Gaya Hidup Selebgram Di Media Sosial Instagram

Studi Kasus Selebgram @Ameliaelle

  • dwitriani ulfi rifqiningsih UNESA
  • Puspita Sari Sukardani UNESA

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembentukan identitas gaya hidup selebgram yang dilakukan oleh selebgram @ameliaelle melalui aktivitas kesehariannya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori konstruksi identitas dari J.M.Baldwin dan teori mengenai gaya hidup menurut Kotler dan Amstrong. Pendekatan penelitian yang digunakan pendekatan kualitatif dengan melihat fenomenologi dari new media dan konstruktivis. Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisa model interaktif dari Huberman dan Miles. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Informan dalam penelitian ini adalah Amalia sebagai selebgram pemilik akun Instagram @ameliaelle. Hasil penelitian menunjukan bahwa bentuk gaya hidup Elle sebagai selebgram mendapatkan banyak pengikut dan menjadikan Elle sebagai referensi gaya hidup. Proses kontruksi identitas dibangun melalui lingkungan sosial yang dibentuk secara sengaja di akun Instagram milik nya, dan lingkungantersebut terdiri dari teman-teman nya saja. Kemudian, lingkungan sosial sudah terbentk, konsep diri seorang Elle dibangun secara natural dengan hanya melakukan kegiatan sehari-hari nya saja yang kemudian di unggah di Instagram. Sedangkan, gaya hidup diolah melalui faktor internal yaitu sikap sebagai tujuan membangun nilai yang ada pada dirinya sehingga menghasilkan citra baik, pengalaman dan pengamatan dilakukan karena adanya pengulangan dalam aktivitas nya sehingga menghasilkan kesan menarik diantara pengikut Instagram miliknya, kepribadian dibentuk melalui kebiasaan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, konsep diri pada dirinya dalam menyampaikan pesan tidak dibentuk untuk mempersuasif namun dapat menghailkan pengulus Instagram, motif dirinya adalah pesan yang disampaikan, dan persepsi menghasilkan citra sebagai selebgram. Selanjutnya, saran sebagai penelitian selanjutnya diharapkan dapat memahami konstruksi identitas dalam gaya hidup.
Published
2021-08-19
How to Cite
rifqiningsih, dwitriani, & Sukardani, P. (2021). Konstruksi Identitas Gaya Hidup Selebgram Di Media Sosial Instagram. The Commercium, 4(3), 77-91. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/42700
Section
Artikel Ilmiah IKOM
Abstract Views: 740
PDF Downloads: 305