ANALISIS RESEPSI ARMY NGANJUK TERHADAP ISI PESAN PADA IKLAN GOJEK VERSI BTX “IT’S OKAY TO BE LEBAY”

  • nurr ery fitria Communication Studies

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu bagaimana resepsi Army Nganjuk terhadap isi pesan pada iklan GOJEK Btx It’s Okay to Be Lebay, yang mempromosikan layanan baru mereka sesuai dengan protokol kesehatan. Serta ditujukan untuk penggemar KPOP terutama BTS atau Army ditengah masyarakat tradisional dan kurangnya kepatuhan terhadap protokol kesehatan seperti Army Nganjuk, menjadi hal menarik untuk diteliti lebih jauh. Penelitian ini menggunakan Teori Resepsi dengan pendekatan kualitatif, yang dibagi menjadi 3 kategori yaitu Posisi Hegemoni Dominan, Posisi Negosiasi, dan Posisi Oposisi. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara mendalam dengan lima informan yang tergabung dalam fanclub Army Nganjuk. Informan dipilih berdasarkan pengalaman informan yang sudah menonton video iklan GOJEK Btx It’s Okay to Be Lebay, rentan umur, pekerjaan, pendidikan, dan latar belakang sosial yang berbeda. Hasil penelitian ini ditemukan dua kategori yang sesuai dengan informan, yaitu kategori pada Posisi Hegemoni Dominan dan Posisi Negosiasi. Tidak ada informan yang dikategorikan pada Posisi Oposisi. Kata kunci: GOJEK, Protokol Kesehatan, KPOP, Army Nganjuk.
Published
2021-09-28
How to Cite
fitria, nurr ery. (2021). ANALISIS RESEPSI ARMY NGANJUK TERHADAP ISI PESAN PADA IKLAN GOJEK VERSI BTX “IT’S OKAY TO BE LEBAY”. The Commercium, 4(3), 102-109. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/42990
Section
Artikel Ilmiah IKOM
Abstract Views: 270
PDF Downloads: 341