STRATEGI PUBLIC RELATION RUMAH SAKIT EKA HUSADA GRESIK DALAM MEMBANGUN KEPERCAYAAN KONSUMEN UNTUK MENDAPATKAN LAYANAN KESEHATAN DI TENGAH PANDEMI COVID-19

  • Yohanes Bosco Welly Samodra Pristyawan Mahasiswa

Abstract

Pandemi COVID-19 memberikan dampak yang besar bagi kehidupan masyarakat, salah satu dampak yang ditimbulkan dari adanya pandemi COVID-19 adalah meningkatnya kekhawatiran dan kecemasan masyarakat untuk berkunjung dan menggunakan layanan rumah sakit. Hal ini menjadi perhatian khusus bagi pengelola rumah sakit dalam merencanakan strategi untuk membangun kembali kepercayaan konsumen melalui aktivitas public relation agar masyarakat menggunakan layanan kesehatan di rumah sakit meskipun di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi public relation yang dilakukan Rumah Sakit Eka Husada Gresik dalam meningkatkan kepercayaan konsumen di tengah pandemi COVID-19. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara mendalam. Hasil penelitian ini yaitu beberapa strategi public relation yang diterapkan oleh Rumah Sakit Eka Husada Gresik melalui aktivitas public relation seperti publikasi, acara, lobi dan negosiasi, serta tanggung jawab sosial. Berdasarkan hasil analisis hasil wawancara mendalam maka dapat disimpulkan bahwa strategi public relation Rumah Sakit Eka Husada Gresik dalam membangun kepercayaan konsumen untuk mendapatkan layanan kesehatan di tengah pandemi COVID-19 dinilai berhasil melalui kegiatan publikasi, acara, lobi dan negosiasi, serta tanggung jawab sosial. Kata Kunci: Strategi public relation, kepercayaan konsumen, layanan kesehatan, pandemi COVID19.
Published
2021-12-01
How to Cite
Pristyawan, Y. B. (2021). STRATEGI PUBLIC RELATION RUMAH SAKIT EKA HUSADA GRESIK DALAM MEMBANGUN KEPERCAYAAN KONSUMEN UNTUK MENDAPATKAN LAYANAN KESEHATAN DI TENGAH PANDEMI COVID-19. The Commercium, 4(3), 187-198. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/43469
Abstract Views: 146
PDF Downloads: 471