Pengaruh Pesan Soft Selling Skincare Base Terhadap Minat Beli Produk (Survei Pada Followers Instagram @itsmybase)

  • Aurelia Lintangsari Kurniawati Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Melihat banyaknya permintaan akan produk kecantikan disertai adanya persaingan skincare lokal dan luar serta bermunculannya merek-merek skincare baru di Indonesia membuat perusahaan harus berinovasi dalam mengembangkan strategi komunikasi pemasarannya. Era dengan perkembangan teknologi dan informasi yang cepat ini membuat komunikasi pemasaran juga harus menjamin kesinambungan hubungan yang interaktif dengan konsumen secara efektif. Dengan memanfaatkan digital marketing melalui platform instagram dapat diterapkan merek untuk menarik minat beli konsumen. Melalui penggunaan pesan secara soft selling atau pendekatan secara tidak langsung yang berfokus pada merangsang perasaan atau emosi audiens merupakan salah satu bentuk metode komunikasi pemasaran yang dapat digunakan merek untuk menyampaikan pesan mereknya. Hal inilah yang dilakukan oleh merek Base dengan memanfaatkan digital marketing sebagai media penyebaran informasi dan promosi dengan memanfaatkan pesan secara soft selling pada laman instagram. Penelitian ini bertujuan untuk melihat adanya pengaruh yang signifikan antara pesan soft selling yang dilakukan oleh skincare Base terhadap minat beli pada followers instagram @itsmybase. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif dengan metode survei dan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sejumlah 100 responden yang diidentiikasi sebagai followers instagram Base dengan kriteria telah mengikuti akun instagram @itsmybase selama minimal tiga bulan. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan Regresi Linear Sederhana diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,456 dan angka signifikansi 0,000 < 0,05 dengan hasil uji hipotesis (uji t) 5,198 > 1, 984. Oleh sebab itu, dapat dinyatakan bahwa hipotesis yang diajukan peneliti diterima yakni terdapat pengaruh yang signifikan antara pesan soft selling yang dilakukan oleh skincare Base terhadap minat beli pada followers instagram @itsmybase.
Published
2022-06-23
How to Cite
Kurniawati, A. (2022). Pengaruh Pesan Soft Selling Skincare Base Terhadap Minat Beli Produk (Survei Pada Followers Instagram @itsmybase). The Commercium, 5(02), 85-94. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/47052
Section
Artikel Ilmiah IKOM
Abstract Views: 569
PDF Downloads: 642