PENGARUH CO-BRANDING YUPI DAN DEAR ME BEAUTY TERHADAP BRAND EQUITY PRODUK KOSMETIK DEAR ME BEAUTY

  • Najlatusy Syarifah Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Persaingan industri di bidang kosmetik semakin ketat,menjadi tantangan bagi para pelaku industri di bidang tersebut. Begitu juga dengan kosmetik Dear me beauty yang masih tergolong baru dan belum memiliki cukup nama untuk bersaing di pasar. Membutuhkan diferensiasi, maka kemudian digunakan konsep brand equity untuk memperkuat merek dalam persaingan. Cara untuk meningkatkan brand equity salah satunya dengan melakukan strategi co-branding. Kosmetik Dear me beauty melakukan co-branding bersama produk permen Yupi yang bertujuan untuk meningkatkan brand equity dear me beauty yang masih tergolong merek baru. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh strategi co-branding yang telah dilakukan dear me beauty bersama yupi terhadap brand equity dear me beauty kosmetik. Dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif.sampel yang digunakan sebanyak 108 responden perempuan dengan rentang usia 16-35 tahun yang berdomisili di kota Surabaya, dengan kriteria pengguna kosmetik dear me beauty dan mengetahui mengenai kolaborasi yang dilakukan dear me beauty. Teknik sampling menggunakan jenis purposive sampling dan diolah menggunakan bantuan SPSS versi 26 for Windows. Setelah dilakukan pengolahan data menggunakan Spearman Rank Correlation maka diperoleh hasil koefisien korelasi sebesar 0,551 dan angka signifikasi 0,000 < 0,05 yang berarti strategi co-branding kosmetik dear me beauty bersama yupi berpengaruh secara signifikan terhadap brand equity kosmetik dear me beauty. Kata kunci: Komunikasi pemasaran, Merek, Co-branding, Brand equity
Published
2022-07-08
How to Cite
Syarifah, N. (2022). PENGARUH CO-BRANDING YUPI DAN DEAR ME BEAUTY TERHADAP BRAND EQUITY PRODUK KOSMETIK DEAR ME BEAUTY. The Commercium, 5(3), 20-28. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/48046
Abstract Views: 179
PDF Downloads: 1002