Communication of Kemiren Village Development, Banyuwangi Regency as a Cultural Tourism Village
DOI:
https://doi.org/10.26740/tc.v5i3.48279Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan mengenai Komunikasi Pembangunan Desa Kemiren Kabupaten Banyuwangi sebagai Desa Wisata Budaya (Studi di Desa Wisata Kemiren, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi) yang meliputi pemerintah pusat, daerah, dan desa. Penelitian ini juga menggambarkan bagaimana komunikasi yang dibangun sebagai upaya pemerintah dengan masyarakat dalam melakukan komunikasi pembangunan yang bertujuan untuk mengembangkan Desa Wisata Adat Kemiren. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara pendekatan kualitatif untuk mencari data dari sumber data primer dan sekunder yang dilakukan melalui observasi dan wawancara secara mendalam kepada warga Desa Kemiren. Dalam komunikasi pembangunan Desa Kemiren Kabupaten Banyuwangi sebagai Desa Wisata Budaya, terdapat 3 bentuk konsep upaya komunikasi pembangunan yang terbentuk diantaranya: (1) Strategi CBT (Community Based Tourism) dalam upaya pembangunan desa wisata; (2) Komunikasi dua arah dalam upaya pembangunan partisipatif; (3) Komunikasi antarpersona Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dengan masyarakat desa. Dengan terbentuknya komunikasi pembangunan Desa Kemiren, dapat disimpulkan bahwa pola komunikasi antara pemerintah dan masyarakat.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2022-07-11
How to Cite
Rozi, F. F. (2022). Communication of Kemiren Village Development, Banyuwangi Regency as a Cultural Tourism Village. The Commercium, 5(3), 57–67. https://doi.org/10.26740/tc.v5i3.48279
Issue
Section
Artikel Ilmiah IKOM
Abstract views: 407
,
PDF Downloads: 550