Strategy of Public Relations of East Java Scout Movement Provincial Council in Building Organizational Image

Authors

  • Verya Krisdiana Putri Anandasari Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v5i3.48734

Abstract

Gerakan Pramuka merupakan organisasi yang berfokus pada pembentukan karakter anak muda. Pada kurikulum 2013, Gerakan Pramuka menjadi ekstrakurikuler wajib pada sekolah tingkat dasar dan menengah. Akan tetapi pandangan masyarakat terhadap Gerakan Pramuka kurang sesuai dengan harapan organisasi. Untuk itu Gerakan Pramuka perlu membangun citra yang lebih baik dimata masyarakat. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi humas Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur dalam membangun citra organisasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa humas Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur menggunakan beberapa strategi untuk membangun citra organisasi yaitu strategi publikasi, kegiatan, dan pemberitaan. Strategi publikasi melalui media online, elektronik, dan cetak. Strategi kegiatan dilakukan dengan mengadakan kegiatan yang dapat memberikan manfaat kepada masyarakat. Strategi pemberitaan dilakukan melalui media online, elektronik, dan cetak.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-07-25

How to Cite

Anandasari, V. K. P. (2022). Strategy of Public Relations of East Java Scout Movement Provincial Council in Building Organizational Image. The Commercium, 5(3), 207–215. https://doi.org/10.26740/tc.v5i3.48734
Abstract views: 100 , PDF Downloads: 185