THE STRATEGY OF SELF-PRESENTATION FASHION INFLUENCER ON SOCIAL MEDIA INSTAGRAM

Authors

  • VIna Agustin UNESA
  • Gilang Gusti Aji, S.I.P., M.Si. UNESA

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v6i2.51041

Abstract

Pemanfaatan sosial media di era digital ini memang sangat beragam diantaranya manusia dapat leluasa untuk berkomunikasi antar satu sama lain dengan mengunggah foto dan video, salah satunya menggunakan aplikasi instagram. Sehingga muncul istilah influencer yang dapat membedakan pengguna instagram dengan pengguna yang memiliki banyak pengikut. Sehingga para influencer memiliki cara dalam menunjukan presentasi diri yang baik di media sosial, hal ini dikarenakan media sosial memiliki peran yang besar dalam memiliki kontrol yang besar atas tindakan atau perilaku presentasi diri mereka dibandingkan dengan komunikasi secara langsung. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui bagaimana fashion influencer yang memiliki jumlah rentang pengikut 1000-100.000. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Untuk pengambilan data menggunakan teknik wawancara dan observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan berbagai upaya dan strategi yang dilakukan para fashion influencer dalam menunjukkan presentasi diri, diantaranya menampilkan konten yang menarik dan informatif dan diiringi juga pemanfaatan fitur-fitur instagram secara tepat sehingga dapat meningkatan jumlah pengikut dan dapat menunjukkan presentasi diri yang sesuai. Kata Kunci: presentasi diri, influencer, media sosial

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-01-27

How to Cite

Agustin, V., & Aji, S.I.P., M.Si., G. G. (2023). THE STRATEGY OF SELF-PRESENTATION FASHION INFLUENCER ON SOCIAL MEDIA INSTAGRAM. The Commercium, 6(2), 74–86. https://doi.org/10.26740/tc.v6i2.51041

Issue

Section

Artikel Ilmiah IKOM
Abstract views: 455 , PDF Downloads: 628