IMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING LAYANAN JASA KURIR JASKU DI MADURA

  • Mohammad Rifqie Zidane Maghrobie Universitas Negeri Surabaya
  • Puspita Sari Sukardani Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Hadirnya digital marketing semakin memudahkan para pengusaha untuk memasarkan produk atau layanan jasa mereka. Layanan Jasa Kurir atau yang lebih dikenal sebagai Jasku memanfaatkan sosial media sebagai kebutuhan mereka dalam memasarkan layanan mereka secara digital agar semakin dikenal luas oleh masyarakat Madura. Tujuan dari penelitian ini untuk dapat memahami implementasi digital marketing yang dilakukan oleh layanan Jasku di Madura. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan teori digital marketing, terkhusus pada konsep Social media marketing (SMM). Data pada penelitian ini diperoleh melalui wawancara secara mendalam kepada owner layanan Jasku, tim kreator layanan Jasku serta tambahan data dari dua konsumen layanan Jasku, pengamatan pada sosial media layanan jasku, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah layanan Jasku menggunakan tiga sosial media, yaitu Instagram, WhatsApp, dan Tiktok sebagai bentuk pemasaran secara digital mereka. Adanya pembagian pengalaman secara sukarela oleh konsumen juga menjadi pemasaran secara sukarela pada layanan Jasku. Hambatan pada implementasi pemasaran digital yang dilakukan Jasku ada pada kurangnya informasi mengenai layanan digital di masyarakat Madura sehingga seringkali terjadi kesalahan komunikasi antara layanan Jasku dengan konsumen.

References

Alyusi, S. D. (2019). Media Sosial: Interaksi, Identitas Dan Modal Sosial. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Andi (2023). Hootsuite (We Are Social): Indonesian Digital Report 2023. Online. 25 Agustus 2023. Https://Andi.Link/Hootsuite-We-Are-Social-Indonesian-Digital-Report-2023/
Arief, M. (2007). Pemasaran Jasa Dan Kualitas Pelayanan. Malang: Bayumedia Publishing.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.
Az-Zahra, N. S. (2021, November). Implementasi Digital Marketing Sebagai Strategi Dalam Meningkatkan Pemasaran Umkm. In Ncoins: National Conference Of Islamic Natural Science (Vol. 1, No. 1, Pp. 77-88).
Bajpai, V., Pandey, S., & Shriwas, S. (2012). Social Media Marketing: Strategies & Its Impact. International Journal Of Social Science & Interdisciplinary Research, 1(7), 214-223.
Dataindonesia (2023). Pengguna Media Sosial Di Indonesia Sebanyak 167 Juta Pada 2023. Online. 3 April 2023. Https://Dataindonesia.Id/Digital/Detail/ Pengguna-Media-Sosial-Di-Indonesia-O Sebanyak-167-Juta-Pada-2023
Fatihudin, D., & Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Jasa (Strategi, Mengukur Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan). Deepublish.
Firmansyah, A. (2020). Komunikasi Pemasaran. Pasuruan: Qiara Media, 3.
Hanafiah, H., & Prasetya, R. (2021). Implementation Of Digital Marketing Of Om Bewok Coffee Shop In Branding Robusta Local Coffee Native To Banten: Implementasi Pemasaran Digital Kedai Kopi Om Bewok Dalam Mem-Branding Kopi Lokal Robusta Asli Banten. Indonesian Journal Of Economy, Business, Entrepreneurship And Finance, 1(1), 11-19.
Herdian, N. A., & Candraningrum, D. A. (2018). Komunikasi Pemasaran Word Of Mouth Dan Electronic Word Of Mouth Dalam Mempertahankan Brand Existence (Studi Kasus Pada Kopi Es Tak Kie). Prologia, 2(2), 441-449.
Hidayah, I. N. (2020). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Pada Usaha Cv. Ratatia Indonesia Rumbai Ditinjau Menurut Ekonomi Islam [Skripsi]. Pekanbaru: Uin Sultan Syarif Kasim Riau.
Katadata (2022). Pemanfaatan Internet Oleh Pelaku Usaha Digital. Online. 4 April 2023. Https://Databoks.Katadata.Co.Id/Datapublish/ 2022/07/14/Pemanfaatan-Internet-Oleh-Pelaku-Usaha-Digital
Khoziyah, S., & Lubis, E. E. (2021). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Followers Online Shop Instagram@ Kpopconnection. Jurnal Ilmu Komunikasi (Jkms), 10(1), 39-50.
Mada, Y. P. (2020). Social Media Marketing, Electronic Word Of Mouth Dan Customer Engagement. Competence: Journal Of Management Studies, 14(1), 80-91.
Mailoor, A., Senduk, J. J., & Londa, J. W. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Snapchat Terhadap Pengungkapan Diri Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Sam Ratulangi. Acta Diurna Komunikasi, 6(1).
Mardiyanto, D. (2019). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran ( Studi Kasus Strategi Komunikasi Pemasaran Merchandise Di Kedai Digital 8 Solo ). Edunomika, 03(01).
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Moriansyah, L. (2015). Pemasaran Melalui Media Sosial: Antecedents Dan Consequences Social Media Marketing: Antecedents And Consequenc-Es. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 19(3), 187-196.
Mulyana, D. (2010). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.
Nabhan, N. (2021). Penerapan Digital Marketing Sebagai Komunikasi Pemasaran Jasa Photography Happy Stories Terhadap Konsumen Di Medan.
Nurrohman, T. (2019). Implementasi Digital Marketing Komunitas# Ayokedamraman Sebagai Strategi Pengembangan Objek Wisata Dam Raman Kota Metro (Doctoral Dissertation, Iain Metro).
Oetama, J., & Zainuddin, A. R. (2006). Sejarah Sosial Media: Dari Gutenberg Sampai Internet. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Panuju, R. (2019). Komunikasi Pemasaran: Pemasaran Sebagai Gejala Komunikasi Komunikasi Sebagai Strategi Pemasaran. Prenada Media.
Prasetyowati, A., Martha, J. A., & Indrawati, A. (2020). Digital Marketing.
Rachmawati, F. (2018). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Produk Usaha Kecil Dan Menengah (Ukm) Pahlawan Ekonomi Surabaya.
Ramadhani, A. D., Triyanto, A., & Muhammad, I. F. (2019). The Effect Of E-Marketing With Aisas Model (Attention, Interest, Search, Action, Share) On Investment Decisions In Fintech Syariah. Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 7(2), 47-57.
Rambat, L., & Hamdani, A. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.
Ririn Tri Ratnasari, Mastuti H. Aksa. (2011). Teori Dan Kasus Manajemen Pemasaran Jasa. Bogor: Ghalia Indonesia.
Rizal. (2021). Strategi Digital Marketing Sebagai Media Komunikasi Dalam Pemasaran Paket Umroh Pada Pt Pandi Kencana Murni Makassar.
Rizaldi, T., & Putranto, H. A. (2018). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Marketing Dan Branding Pada Umkm. Prosiding.
Saravanakumar, M., & Suganthalakshmi, T. (2012). Social Media Marketing. Life Science Journal, 9(4), 4444-4451.
Satia, A., Sembiring, D. T., Joven, A., Ompusunggu, S., Suganda, F. F., & Marthino, E. (2023). Analisis Penerapan Digital Marketing Pada Umkm Kedai Kopi Nusantara. Jemba: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(4), 333-338.
Setiadi, A. (2016). Pemanfaatan Media Sosial Untuk Efektifitas Komunikasi. Cakrawala: Jurnal Humaniora Bina Sarana Informatika, 16(2).
Simangunsong, B. A. (2011). Evolusi Saluran Interaksi Di Era Internet. Jurnal Aspikom, 1(3), 223-230.
Soemanagara, R. (2006). Strategic Marketing Communication: Konsep Strategis Dan Terapan. Bandung: Alfabeta.
Sugeng Pujileksono (Penulis). (2015; © 2015). Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif / Dr. Drs. Sugeng Pujileksono, M.Si.. Malang: Intrans Publishing.
Sugiyama, K., & Andree, T. (2011). The Dentsu Way. Newyork: Mcgraw-Hill.
Sulianta, F. (2015). Keajaiban Sosial Media. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Tarigan, J., & Sanjaya, R. (2013). Creative Digital Marketing. Elex Media Komputindo.
Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran Edisi Iii. Yogyakarta: Cv. Andi Offset.
Watie, E. D. S. (2016). Komunikasi Dan Media Sosial (Communications And Social Media). Jurnal The Messenger, 3(2), 69-74.
Wirawan, F. W., & Prima Dona Hapsari. (2016). Analisis Aisas Model Terhadap Product Placement Dalam Film Indonesia Studi Kasus : Brand Kuliner Di Film Ada Apa Dengan Cinta 2.
Wulandari, I., & Rauf, A. (2022). Analysis Of Social Media Marketing And Product Review On The Marketplace Shopee On Purchase Decisions. Review Of Integrative Business And Economics Research, 11, 274-284.
Yamin, A. B. (2017). Impact Of Digital Marketing As A Tool Of Marketing Communication: A Behavioral Perspective On Consumers Of Bangladesh. American Journal Of Trade And Policy, 4(3), 117-122.
Yasin, M. F., & Saputra, E. (2023). Strategi Penerapan Digital Marketing Pada Lembaga Amil Zakat (Laz) Zakat Sukses. At-Tasyri': Jurnal Ilmiah Prodi Muamalah, 15(1), 109-128.
Published
2024-01-16
How to Cite
Maghrobie, M., & Sukardani, P. (2024). IMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING LAYANAN JASA KURIR JASKU DI MADURA. The Commercium, 8(01), 1-11. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/58356
Abstract Views: 59
PDF Downloads: 51