PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING PADA INSTAGRAM STASIUN DANGDUT JTV TERHADAP BRAND AWARENESS JTV SURABAYA

  • Azizah Dwiputri Harydar Universitas Negeri Surabaya
  • Vinda Maya Setianingrum Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Social Media Marketing, Media Program, Brand Awareness, Instagram

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara social media marketing pada Instagram Stasiun Dangdut JTV terhadap brand awareness JTV Surabaya. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode penelitian analisis pengaruh. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui optimalisasi dari adanya social media marketing yakni dengan mengukur tingkat brand awareness yang telah didapatkan oleh pengikut Instagram Stasiun Dangdut JTV Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan program televisi lokal Stasiun Dangdut JTV Surabaya telah memanfaatkan media sosial Instagram miliknya dengan baik sehingga dapat mempengaruhi pengikutnya yakni menimbulkan kesadaran merek tahap akhir yaitu Puncak Pikiran (Top of Mind) hingga dapat memasukkan merek JTV Rek (Surabaya) ke dalam kategori pelopor program dangdut stasiun televisi lokal.

References

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management 14. In Sport Public Relations and Communication. https://doi.org/10.4324/9780080886114

Agnihotri, R., Dingus, R., Hu, M. Y., & Krush, M. T. (2016). Social media: Influencing customer satisfaction in B2B sales. Industrial Marketing Management, 53, 172–180. https://doi.org/10.1016/j.indmarman.2015.09.003

Linardi, L. N. (2015). Kepuasan Masyarakat Surabaya dalam Menonton Tayangan Stasiun Dangdut di JTV. E-Komunikasi, 3(1), 1–11.

Kabani, S. H. (2016). The Zen of Social Media Marketing. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(August), 128.

M. Anang, F. (2019). Buku Pemasaran Produk dan Merek. Pemasaran Produk Dan Merek, August, 336.

Aaker, David A. (2011). Brand Relevance: Making Competitors Irrelevant. Boston: Jossey-Bass.

Sugiyono, P. D. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Saraswati, D. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Sugestopedia Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Pada Siswa SMP Yayasan Bakti Prabumulih. Http://Repository.Um-Palembang.Ac.Id/, 7–71.

Ahyar, H., Maret, U. S., Andriani, H., Sukmana, D. J., Mada, U. G., Hardani, S.Pd., M. S., Nur Hikmatul Auliya, G. C. B., Helmina Andriani, M. S., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue March).

Silalahi, U. (2006). Metode Penelitian Sosial. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 216.

https://toffeedeav.com/blog/mengenal-engagement-marketing/ (3 Agustus 2023, 13.25 WIB)
Published
2024-02-04
How to Cite
Harydar, A., & Setianingrum, V. (2024). PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING PADA INSTAGRAM STASIUN DANGDUT JTV TERHADAP BRAND AWARENESS JTV SURABAYA. The Commercium, 8(01), 56-66. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/58753
Abstract Views: 27
PDF Downloads: 22