MANAJEMEN PRODUKSI PROGRAM “MOJOK MENTOK” MEDIA ONLINE MOJOK.CO PADA TAHUN 2022/2023

Penulis

  • Muhammad Ghulam Zakiy Fatih Unesa
  • Muhammad Danu Winata Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v8i1.59474

Kata Kunci:

Mojok.co, Mojok Mentok, Manajemen Produksi Program, 6M.

Abstrak

Penelitian tentang manajemen produksi program merupakan penelitian yang menarik. Dalam penelitian ini, peneliti memilih program "Mojok Mentok" yang disiarkan melalui media online Mojok.co pada tahun 2022/2023. Mojok.co atau PT. Narasi Akal Jenaka merupakan media online yang beralamat di Perum Sukoharjo Indah A8 RT 09 RW 16 Dukuh Purworejo Desa Sukoharjo, Ngaglik Sleman, D.I. Yogyakarta. Peneliti memilih program “Mojok Mentok” dikarenakan memiliki keunikan dalam proses penyampaian beritanya yang dibawakan secara ringan dan dibumbui humor. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan teori 6M oleh George Terry sebagai kerangka konseptualnya. Metode penelitian ini melibatkan observasi langsung, wawancara dengan tim produksi, dan analisis konten program. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan pendekatan induktif untuk mengidentifikasi pola, tantangan, dan praktik manajemen produksi yang digunakan dalam pembuatan program "Mojok Mentok". Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen produksi program ini melibatkan koordinasi yang kuat antara berbagai elemen, termasuk manusia, metode, mesin, material, uang, dan pasar seperti yang dijelaskan dalam teori 6M. Temuan ini memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana manajemen produksi program media online dapat diterapkan dalam praktik, serta memberikan kontribusi bagi pengembangan teori manajemen produksi media yang lebih lanjut.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Callister, William D J. (2004). Materials Science and

Engineering an Introduction Singapore; John Wiley &

Sons.

Daryanto, (2011). Manajemen Pemasaran. Cetekan 1.

Bandung: Satu Nusa

Duncan, Tom, (2005), Principle Of Advertising and IMC,

International Edition, Edisi Kedua, McGrawHill, New

York.

Ea, Puthut., (2017). Rahasia Kenapa Mojok Harus Tutup.

Mojok.co. Diakses 15 Januari 2024 dari

https://mojok.co/esai/rahasia-kenapa-mojok-harustutup/

Hasibuan, Malayu S.P. (2016). Manajemen Sumber Daya

Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: Penerbit PT Bumi

Aksara.

Heizer, J., and Render, B. (2011). Operations

Management. 10th Edition. Pearson Education, Inc.

New Jersey.

Irham, Fahmi. (2014). Manajemen Produksi dan Operasi.

Bandung. Alfabeta

Luik, Jandy. (2020). Media Baru Sebuah Pengantar.

Kencana: Jakarta

Musthafa. (2017). Manajemen Keuangan. Yogyakarta:

CV. Andi Offset

Silalahi, Berneth. (2000). Manajemen Sumberdaya

Manusia. Jakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen

LPMI

Diterbitkan

2024-05-14

Cara Mengutip

Zakiy Fatih, M. G., & Winata, M. D. (2024). MANAJEMEN PRODUKSI PROGRAM “MOJOK MENTOK” MEDIA ONLINE MOJOK.CO PADA TAHUN 2022/2023. The Commercium, 8(1), 172–182. https://doi.org/10.26740/tc.v8i1.59474

Terbitan

Bagian

artikel
Abstract views: 67 , PDF Downloads: 154