PENGARUH PROMOSI INSTAGRAM @SSCHILDSIDOARJO TERHADAP MINAT MENJADI RELAWAN PADA PROGRAM KELAS MERDEKA SAVE STREET CHILD SIDOARJO
(Studi Pada Relawan Komunitas Save Street Child Sidoarjo)
DOI:
https://doi.org/10.26740/tc.v8i2.60967Kata Kunci:
Promosi Instagram, Minat Relawan, Komunitas Sosial, Anak JalananAbstrak
Promosi tidak hanya relevan bagi perusahaan atau organisasi profit, melainkan juga menjadi elemen esensial bagi suatu komunitas atau organisasi non profit. Kehadiran komunitas Save Street Child Sidoarjo menjadi sebuah tanggapan terhadap permasalahan sosial anak jalanan di Sidoarjo utamanya dalam bidang pendidikan. Komunitas ini telah melaksanakan serangkaian upaya promosi dengan tujuan untuk meningkatkan minat relawan sebagai tenaga pendidik pada program Kelas Merdeka yang dijalankan melalui akun media sosial Instagram @sschildsdioarjo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi instagram @sschildsidoarjo terhadap minat menjadi relawan pada program Kelas Merdeka Save Street Child Sidoarjo Penelitian merupakan penelitian kuantitatif korelasional dengan metode regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan Promosi Instagram memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen, Minat. Artinya semakin baik promosi yang dilakukan melalui instagram @sschildisodarjo maka akan semakin meningkatkan minat seseorang untuk menjadi relawan pada program Kelas Merdeka Save Street Child Sidoarjo. Tingginya persentase pengaruh sebesar 59.2% menunjukkan bahwa upaya promosi Instagram @sschildsidoarjo telah berhasil menciptakan dampak yang cukup besar dalam meningkatkan minat individu untuk ikut serta menjadi relawan dalam program Kelas Merdeka.
Unduhan
Referensi
Abror, A. R. (1993). Psikologi pendidikan. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Pendekatan, Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka pelajar
Hair et al. (2019). Multivarate Data Analysis. 8th Edition, United Kingdom: Cengage Learning EMEA
Hauer, C. (2010). Engage: The Complete Guide for Brands and Business to Build Cultivate and Measure Success on The Web. New Jersey: John Wiley & Sons
Laksana, M. F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Sukabumi: CV Al Fath Zumar.
Lase, E. (2021). Makna Mendidik Anak Dalam Memberi Persembahan Terhadap Peningkatan Spiritualitas Anak Usia 5-7 Tahun Di Gereja Kristen Protestan Eklesia Mentawai. Inculco Journal of Christian Education, 1(2), 157-166.
Malik, A., Syahrizal, A., & Anisah, A. (2021). Pengaruh Promosi, Pengetahuan dan Kepercayaan terhadap Minat Menabung di Bank Syariah Indonesia KCP Singkut pada Masyarakat Desa Pelawan Jaya. MARGIN: Journal of Islamic Banking, 1, 28-43.
Mulawarman, N. D. A., & Nasrullah, R. A. (2020). Media Sosial. Pemanfaatan Media Sosial Facebook Sebagai Strategi Pemasaran Paket Umrah Pt Hajar, tahun.
Prihadi, D., & Susilawati, A. D. (2018). Pengaruh kemampuan e-commerce dan promosi di media sosial terhadap kinerja pemasaraan. Benefit: Jurnal Manajemen dan Bisnis (Jurnal ini Sudah Migrasi), 3(1), 15-20.
Rahma, A., & Wempi, J. A. (2023). Strategi Komunikasi Voluntrip dalam Menumbuhkan Partisipasi Kaum Zillenial pada Kegiatan Sosial. Jurnal PIKMA: Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema, 6(1), 246-260.
Rusdianto, P. (2016). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan Dan Religiusitas Terhadap Minat Masyarakat Menjadi Muzakki Pada Lembaga Amil Zakat (LAZ) Dompet Dhuafa. 209.
Satria, R., Hanum, N.A., Shahbana, E.B., Supriyanto, A., & Ulfatin, N. (2020). Landasan Antropologi Pendidikan dan Implementasinya Dalam Pembangunan Indonesia. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE).
Shimp, Terence. (2000). Periklanan Promosi: Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu, edisi ke-5. Jakarta: Erlangga
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV
Sukandarrumidi. (2006). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pers UGM
Sutriyawan, A., Suherdin, L. R. R., Meilani, A., Dwinurani, H., Farhanudin, H., Fadilah, M. I., ... & Susilawati, S. (2022). Peningkatan Pengetahuan Lansia Melalui Promosi Kesehatan Dalam Upaya Meningkatkan Kunjungan Posbindu Penyakit Tidak Menular. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 5(2), 487-494.
Yulanda, W., Situmeang, J. E., Dari, F. W., Armadi, J. R., Prasetio, J., Pasha, Y. A., & Chanafiyah, Y. (2023). Edukasi Peduli Lingkungan Dan Sampah Pada Anak Dan Pendampingan Anak Melalui Program One Student Save One Family (Ossof). Tribute: Journal Of Community Services, 4(1), 21-28.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Abstract views: 132
,
PDF Downloads: 121