STRATEGI SALES PROMOTION DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN INDIHOME DENGAN PENDEKATAN STOP-SIT
(Studi Kasus IndiHome Cikarang Barat PT. Telkom Indonesia)
DOI:
https://doi.org/10.26740/tc.v8i2.62481Kata Kunci:
Strategi komunikasi pemasaran, sales promotion, penjualan, STOP-SIT, IndiHomeAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi sales promotion yang diterapkan oleh IndiHome Cikarang Barat dengan pendekatan STOP-SIT. Pendekatan STOP-SIT diterapkan dengan menyeluruh, meliputi segmentasi pasar, targeting, objectives, positioning, pemilihan tools, integrasi strategi online dan offline, serta pemantauan dan evaluasi berkelanjutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga segmentasi utama yang menjadi target market IndiHome Cikarang Barat yakni mahasiswa dan pekerja produktif (17-40 tahun) sebagai target primer, pemilik usaha (30-50 tahun) sebagai target sekunder, dan pemilik rumah (40-60 tahun) sebagai target tersier. IndiHome Cikarang Barat memposisikan diri sebagai solusi unggul yang menawarkan konektivitas handal, jaringan luas, serta fleksibilitas pilihan paket layanan dan menjadi menjadi jawaban dan solusi atas ketidakpuasan masyarakat terhadap layanan WiFi lokal. Strategi online meliputi IndiHome Virtual Run and Ride, kompetisi e-sports, kolaborasi dengan platform online streaming, promosi bundling dan content marketing. Strategi offline meliputi partisipasi dalam event lokal, pembukaan booth, peran WiFi.ID Corner dan kegiatan open table.
Unduhan
Referensi
Chrismastianto, I. (2017). Analisis swot implementasi teknologi finansial terhadap kualitas layanan perbankan di indonesia. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis.
AilijaaFR, A., Sasmita, E. M., & Sari, B. (2020). Pengaruh Bauran Promosi, Harga, Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan IndiHome Pt. Telkom Indonesia, Jakarta Timur. Ikra-Ith Ekonomika.
Almadea, R. (2017). Pengaruh Kualitas pelayanan dan Kepercayaan Merek terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Pada Nasabah Produk Penghimpun Bank BNI Syariah Kantor Cabang Pekanbaru). Jom FISIP.
Bastian, Y., Tambunan, H. S., & Saputra, W. (2021). Analisis Penerapan Algoritma C4 . 5 Dalam Mengukur Tingkat Kepuasan Pelanggan IndiHome Pada Kota Pematangsiantar. KESATRIA: Jurnal Penerapan Sistem Informasi (Komputer & Manajemen).
Bramantya, Y.B. & Jatra, M. (2016). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image terhadap keputusan pembelian Yamaha Jupiter MX di Kota Denpasar. E- Jurnal Manajemen Unud, 5(3), 1745- 1771. https://media.neliti.com/media/publica tions/255237-pengaruh- celebrity-endorser-danbrand-im- 6b860004.pdf
Bratawisnu, M. K., Putra, M. R. D., & Ignatio, W. (2018). Penentuan Top Brand Menggunakan Social Network Analysis pada e-commerce Tokopedia dan Bukalapak. Journal of Information Engineering and Educational Technology. https://doi.org/10.26740/jieet.v2n1.p1-5
Devi, B., Hoyyi, A., & Mukid, M. (2015). Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Konsumen Pada Layanan Internet Speedy Di Kota Semarang Menggunakan Partial Least Square (Pls). Jurnal Gaussian.
Fardani, A. S., & Neforawati, I. (2020). Instalasi Kabel Fiber Optic dan Perangkat Switch untuk Layanan Internet Menggunakan Metode CWDM oleh PT. XYZ. MULTINETICS. https://doi.org/10.32722/multinetics.v5i1.2787
Fauzi, A. R. (2019). Penggunaan Line Sebagai Media Komunikasi Organisasi (Studi Kualitatif Deskriptif Media Sosial Line Pada UKM di Universitas Muhammadiyah Surakarta). Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Komunikasi Dan Informatika.
Giantika, G. G. (2019). Pemanfaatan Blog Pribadi Di Instagram Sebagai Media Komunikasi Parenting (Studi Deskriptif Kualitatif Akun Instagram @annisast). Jurnal Komunikasi. https://doi.org/10.31294/jkom.v10i1.4707
I.D.S, J. E., & Wiratama, A. (2018). Strategi Komunikasi Pemasaran Qoo10 Indonesia Mempertahankan Eksistensi. Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA. https://doi.org/10.38041/jikom1.v10i01.30
Internet Cerdas dan Jerat Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). (2017). Internet Cerdas Dan Jerat Undang-Undang Informasi Dan Transaksi Elektronik (UU ITE). https://doi.org/10.35793/jtek.6.3.2017.18072
Irma, A. (2017). Peran Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Bisnis Online (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Bisnis Online Beautyhomeshop). Jurnal Online Kinestik.
Kementerian Komunikasi dan Informatika. (2021, Juli 29). Meningkatkan Literasi Digital, Memanfaatkan Internet Lebih Produktif. [Artikel online]. Diakses dari https://indonesia.go.id/berita/meningkatkan-literasi-digital-memanfaatkan-internet-lebih-produktif
Latief, F. (2019). Dimensi Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Indihome Triple Play Pt Telkom. Bongaya Journal for Research in Management (BJRM). https://doi.org/10.37888/bjrm.v2i1.104
Lestari, R. (2015). Sales promotion Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Mobil Low Cost Green Car Daihatsu Aylapada Pt. Astra Internasional Tbk Cabang Ciledugkota Tangerang. Avant Garde.
Lestiani, M. E. (2011). Faktor-Faktor Dominan Promosi Yang Mempengaruhi Motivasi Konsumen Dalam Membeli Suatu Produk Dengan Menggunakan Metode Ahp. Industri Elektro Penerbangan (INDEPT).
Mahyani, M., & Wulandari, S. (2021). Pengaruh Personal Selling Terhadap Pencapaian Target Penjualan (Studi Kasus PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk. Syntax Idea. https://doi.org/10.36418/syntax-idea.v6i8.1411
Mahzila, I., Husein, A., & Gunawan, T. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Online. Jurnal Ekonomi Islam.
Marluthy, A., & Halilah, I. (2019). Peran Kualitas Pelayanan Penyedia Internet Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi. https://doi.org/10.35697/jrbi.v5i1.1614
Ookla. (2020). Speedtest Global Index. Diakses dari website (https://www.speedtest.net/global-index/)
OpenVault. (2020). Broadband Insights Report. Diambil dari (https://www.konsistensi.com/2014/03/mengatasi-angkettidak-valid.html)
Prabowo, A. B., Studi, P., Komunikasi, I., Komunikasi, F., Informatika, D. A. N., & Surakarta, U. M. (2018). Komunikasi Krisis Pt Gojek Indonesia ( Studi Deskriptif Kualitatif Komunikasi Krisis Driver Service Unit ( Dsu ) Gojek Solo Raya ). Komunikasi Krisis.
Purwanto, A., Prasetyo, Y. T., & Asbari, M. (2021). The impact of COVID-19 pandemic on internet usage in Indonesia. Telematics and Informatics, 58, 101533.
Prawira, S. H. (2019). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Menginap (Survei pada Wisatawan yang Menginap di Hotel Arjuna Kota Batu). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB.
Pribadi, M. A., Yoedtadi, M. G., & Siswoko, K. H. (2017). Perspektif Praktisi Televisi Indonesia terhadap Konvergensi Televisi dan Internet dalam Persaingan Penyajian Informasi di Internet. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v1i1.372
Riana, R., & Roestiono, H. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan Internet Banking Dan Tingkat Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan. https://doi.org/10.37641/jimkes.v8i2.350
Riswanto, R. (2020). Penerapan Strategi Komunikasi Pemasaran Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam Universitas Muhammadiyah Bengkulu Dalam Menarik Minat Calon Mahasiswa Baru. Jurnal Sarjana Ilmu Komunikasi. https://doi.org/10.36085/j-sikom.v1i2.1148
Sahfitri, H. D. A. (2016). Komunikasi Intrapersonal Pengguna Cadar (Studi Deskriptif Kualitatif Komunikasi Intrapersonal Pengguna Cadar pada Mahasiswi STAI As-Sunnah Tanjung Morawa). Flow.
Saputra, M. I. H., & Nugraha, N. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp) (Studi Kasus: Penentuan Internet Service Provider Di Lingkungan Jaringan Rumah). Jurnal Ilmiah Teknologi Dan Rekayasa. https://doi.org/10.35760/tr.2020.v25i3.3422
Sari, N. P., & Budiatno, A. (2019). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pelanggan IndiHome PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. (Persero) Semarang). Undip E-Journal.
Siena, C., & Pribadi, M. A. (2020). Interaksi Simbolik Dalam Sales promotion Menciptakan Brand Loyalty (Studi Kasus Pengguna Kartu Starbucks Di Jakarta). Prologia. https://doi.org/10.24912/pr.v4i1.6476
Sulaiman, S. (2018). Strategi Bauran Pemasaran Internet Di Pt. Indo Internet Jakarta Untuk Meningkatkan Pangsa Pasar. Jurnal Pemasaran Kompetitif. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v1i3.1149
Suryanto, S., & Permadi, F. A. (2020). Optimalisasi Jaringan Internet Hotspot Menggunakan User Manajemen Pada Pusat Pengembangan SDM Asuransi Indonesia. Jurnal Infortech. https://doi.org/10.31294/infortech.v1i2.7083
Tempo. (2017, Agustus 14). Kawasan Industri Cikarang Terbesar di Asia Tenggara. Nasional.Tempo.Co. https://nasional.tempo.co/read/903681/kawasan-industri-cikarang-terbesar-di-asia-tenggara
Tri Widodo, T., Alamsyah, N., & Utomo, C. B. (2018). Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Disiplin Kerja Dan Pelatihan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Di PT Telkom Indonesia Cabang Batam. JURNAL INDUSTRI KREATIF (JIK). https://doi.org/10.36352/jik.v2i1.77
Utami, P. R. (2020). Analisis Perbandingan Quality Of Service Jaringan Internet Berbasis Wireless Pada Layanan Internet Service Provider (Isp) Indihome Dan First Media. Jurnal Ilmiah Teknologi Dan Rekayasa. https://doi.org/10.35760/tr.2020.v25i2.2723
Wariki, G., Mananeke, L., & Tawas, H. (2015). Pengaruh Bauran Promosi, Persepsi Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Konsumen Pada Perumahan Tamansari Metropolitan Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi. https://doi.org/10.35794/emba.v3i2.9286
Zubair, A., & Triyonowati. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Media Surabaya. In Jurnal EkonoKualitas Pelayanan, Kualitas Produk, dan Kepuasan Pelanggan.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Abstract views: 197
,
PDF Downloads: 455