SALES PROMOTION STRATEGIES IN INCREASING INDIHOME SALES WITH THE STOP-SIT APPROACH

(A Case Study of IndiHome Cikarang Barat PT. Telkom Indonesia)

Authors

  • Rahmania Mega Kirana Universitas Negeri Surabaya
  • Vinda Maya Setianingrum Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v8i2.62481

Keywords:

Marketing communication strategy, sales promotion, sales, STOP-SIT, IndiHome

Abstract

This research aims to discover the sales promotion strategies implemented by IndiHome Cikarang Barat using the STOP-SIT approach. The STOP-SIT approach is applied comprehensively, encompassing market segmentation, targeting, objectives, positioning, tool selection, integration of online and offline strategies, and continuous monitoring and evaluation. The results indicate that there are three main segments targeted by IndiHome Cikarang Barat: students and productive workers (17-40 years old) as the primary target, business owners (30-50 years old) as the secondary target, and homeowners (40-60 years old) as the tertiary target. IndiHome Cikarang Barat positions itself as a superior solution by offering reliable connectivity, extensive network coverage, and flexible service package options, addressing the dissatisfaction of the community with local WiFi services. Online strategies include the IndiHome Virtual Run and Ride, e-sports competitions, collaborations with online streaming platforms, bundling promotions, and content marketing. Offline strategies include participation in local events, booth openings, the role of WiFi.ID Corner, and open table activities.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chrismastianto, I. (2017). Analisis swot implementasi teknologi finansial terhadap kualitas layanan perbankan di indonesia. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis.

AilijaaFR, A., Sasmita, E. M., & Sari, B. (2020). Pengaruh Bauran Promosi, Harga, Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan IndiHome Pt. Telkom Indonesia, Jakarta Timur. Ikra-Ith Ekonomika.

Almadea, R. (2017). Pengaruh Kualitas pelayanan dan Kepercayaan Merek terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Pada Nasabah Produk Penghimpun Bank BNI Syariah Kantor Cabang Pekanbaru). Jom FISIP.

Bastian, Y., Tambunan, H. S., & Saputra, W. (2021). Analisis Penerapan Algoritma C4 . 5 Dalam Mengukur Tingkat Kepuasan Pelanggan IndiHome Pada Kota Pematangsiantar. KESATRIA: Jurnal Penerapan Sistem Informasi (Komputer & Manajemen).

Bramantya, Y.B. & Jatra, M. (2016). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image terhadap keputusan pembelian Yamaha Jupiter MX di Kota Denpasar. E- Jurnal Manajemen Unud, 5(3), 1745- 1771. https://media.neliti.com/media/publica tions/255237-pengaruh- celebrity-endorser-danbrand-im- 6b860004.pdf

Bratawisnu, M. K., Putra, M. R. D., & Ignatio, W. (2018). Penentuan Top Brand Menggunakan Social Network Analysis pada e-commerce Tokopedia dan Bukalapak. Journal of Information Engineering and Educational Technology. https://doi.org/10.26740/jieet.v2n1.p1-5

Devi, B., Hoyyi, A., & Mukid, M. (2015). Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Konsumen Pada Layanan Internet Speedy Di Kota Semarang Menggunakan Partial Least Square (Pls). Jurnal Gaussian.

Fardani, A. S., & Neforawati, I. (2020). Instalasi Kabel Fiber Optic dan Perangkat Switch untuk Layanan Internet Menggunakan Metode CWDM oleh PT. XYZ. MULTINETICS. https://doi.org/10.32722/multinetics.v5i1.2787

Fauzi, A. R. (2019). Penggunaan Line Sebagai Media Komunikasi Organisasi (Studi Kualitatif Deskriptif Media Sosial Line Pada UKM di Universitas Muhammadiyah Surakarta). Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Komunikasi Dan Informatika.

Giantika, G. G. (2019). Pemanfaatan Blog Pribadi Di Instagram Sebagai Media Komunikasi Parenting (Studi Deskriptif Kualitatif Akun Instagram @annisast). Jurnal Komunikasi. https://doi.org/10.31294/jkom.v10i1.4707

I.D.S, J. E., & Wiratama, A. (2018). Strategi Komunikasi Pemasaran Qoo10 Indonesia Mempertahankan Eksistensi. Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA. https://doi.org/10.38041/jikom1.v10i01.30

Internet Cerdas dan Jerat Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). (2017). Internet Cerdas Dan Jerat Undang-Undang Informasi Dan Transaksi Elektronik (UU ITE). https://doi.org/10.35793/jtek.6.3.2017.18072

Irma, A. (2017). Peran Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Bisnis Online (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Bisnis Online Beautyhomeshop). Jurnal Online Kinestik.

Kementerian Komunikasi dan Informatika. (2021, Juli 29). Meningkatkan Literasi Digital, Memanfaatkan Internet Lebih Produktif. [Artikel online]. Diakses dari https://indonesia.go.id/berita/meningkatkan-literasi-digital-memanfaatkan-internet-lebih-produktif

Latief, F. (2019). Dimensi Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Indihome Triple Play Pt Telkom. Bongaya Journal for Research in Management (BJRM). https://doi.org/10.37888/bjrm.v2i1.104

Lestari, R. (2015). Sales promotion Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Mobil Low Cost Green Car Daihatsu Aylapada Pt. Astra Internasional Tbk Cabang Ciledugkota Tangerang. Avant Garde.

Lestiani, M. E. (2011). Faktor-Faktor Dominan Promosi Yang Mempengaruhi Motivasi Konsumen Dalam Membeli Suatu Produk Dengan Menggunakan Metode Ahp. Industri Elektro Penerbangan (INDEPT).

Mahyani, M., & Wulandari, S. (2021). Pengaruh Personal Selling Terhadap Pencapaian Target Penjualan (Studi Kasus PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk. Syntax Idea. https://doi.org/10.36418/syntax-idea.v6i8.1411

Mahzila, I., Husein, A., & Gunawan, T. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Online. Jurnal Ekonomi Islam.

Marluthy, A., & Halilah, I. (2019). Peran Kualitas Pelayanan Penyedia Internet Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi. https://doi.org/10.35697/jrbi.v5i1.1614

Ookla. (2020). Speedtest Global Index. Diakses dari website (https://www.speedtest.net/global-index/)

OpenVault. (2020). Broadband Insights Report. Diambil dari (https://www.konsistensi.com/2014/03/mengatasi-angkettidak-valid.html)

Prabowo, A. B., Studi, P., Komunikasi, I., Komunikasi, F., Informatika, D. A. N., & Surakarta, U. M. (2018). Komunikasi Krisis Pt Gojek Indonesia ( Studi Deskriptif Kualitatif Komunikasi Krisis Driver Service Unit ( Dsu ) Gojek Solo Raya ). Komunikasi Krisis.

Purwanto, A., Prasetyo, Y. T., & Asbari, M. (2021). The impact of COVID-19 pandemic on internet usage in Indonesia. Telematics and Informatics, 58, 101533.

Prawira, S. H. (2019). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Menginap (Survei pada Wisatawan yang Menginap di Hotel Arjuna Kota Batu). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB.

Pribadi, M. A., Yoedtadi, M. G., & Siswoko, K. H. (2017). Perspektif Praktisi Televisi Indonesia terhadap Konvergensi Televisi dan Internet dalam Persaingan Penyajian Informasi di Internet. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v1i1.372

Riana, R., & Roestiono, H. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan Internet Banking Dan Tingkat Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan. https://doi.org/10.37641/jimkes.v8i2.350

Riswanto, R. (2020). Penerapan Strategi Komunikasi Pemasaran Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam Universitas Muhammadiyah Bengkulu Dalam Menarik Minat Calon Mahasiswa Baru. Jurnal Sarjana Ilmu Komunikasi. https://doi.org/10.36085/j-sikom.v1i2.1148

Sahfitri, H. D. A. (2016). Komunikasi Intrapersonal Pengguna Cadar (Studi Deskriptif Kualitatif Komunikasi Intrapersonal Pengguna Cadar pada Mahasiswi STAI As-Sunnah Tanjung Morawa). Flow.

Saputra, M. I. H., & Nugraha, N. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp) (Studi Kasus: Penentuan Internet Service Provider Di Lingkungan Jaringan Rumah). Jurnal Ilmiah Teknologi Dan Rekayasa. https://doi.org/10.35760/tr.2020.v25i3.3422

Sari, N. P., & Budiatno, A. (2019). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pelanggan IndiHome PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. (Persero) Semarang). Undip E-Journal.

Siena, C., & Pribadi, M. A. (2020). Interaksi Simbolik Dalam Sales promotion Menciptakan Brand Loyalty (Studi Kasus Pengguna Kartu Starbucks Di Jakarta). Prologia. https://doi.org/10.24912/pr.v4i1.6476

Sulaiman, S. (2018). Strategi Bauran Pemasaran Internet Di Pt. Indo Internet Jakarta Untuk Meningkatkan Pangsa Pasar. Jurnal Pemasaran Kompetitif. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v1i3.1149

Suryanto, S., & Permadi, F. A. (2020). Optimalisasi Jaringan Internet Hotspot Menggunakan User Manajemen Pada Pusat Pengembangan SDM Asuransi Indonesia. Jurnal Infortech. https://doi.org/10.31294/infortech.v1i2.7083

Tempo. (2017, Agustus 14). Kawasan Industri Cikarang Terbesar di Asia Tenggara. Nasional.Tempo.Co. https://nasional.tempo.co/read/903681/kawasan-industri-cikarang-terbesar-di-asia-tenggara

Tri Widodo, T., Alamsyah, N., & Utomo, C. B. (2018). Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Disiplin Kerja Dan Pelatihan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Di PT Telkom Indonesia Cabang Batam. JURNAL INDUSTRI KREATIF (JIK). https://doi.org/10.36352/jik.v2i1.77

Utami, P. R. (2020). Analisis Perbandingan Quality Of Service Jaringan Internet Berbasis Wireless Pada Layanan Internet Service Provider (Isp) Indihome Dan First Media. Jurnal Ilmiah Teknologi Dan Rekayasa. https://doi.org/10.35760/tr.2020.v25i2.2723

Wariki, G., Mananeke, L., & Tawas, H. (2015). Pengaruh Bauran Promosi, Persepsi Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Konsumen Pada Perumahan Tamansari Metropolitan Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi. https://doi.org/10.35794/emba.v3i2.9286

Zubair, A., & Triyonowati. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Media Surabaya. In Jurnal EkonoKualitas Pelayanan, Kualitas Produk, dan Kepuasan Pelanggan.

Downloads

Published

2024-07-12

How to Cite

Kirana, R. M., & Setianingrum, V. M. (2024). SALES PROMOTION STRATEGIES IN INCREASING INDIHOME SALES WITH THE STOP-SIT APPROACH: (A Case Study of IndiHome Cikarang Barat PT. Telkom Indonesia). The Commercium, 8(2), 134–145. https://doi.org/10.26740/tc.v8i2.62481
Abstract views: 131 , PDF Downloads: 305