ANALISIS SENTIMEN KOMENTAR YOUTUBE VIRTUAL TOUR 360° WISATA BALI OLEH KEMENPAREKRAF

Authors

  • Pandya Paramitha Prabaswaratna Dewati Universitas Negeri Surabaya
  • Puspita Sari Sukardani Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v8i2.62511

Keywords:

Comments, Youtube, SVM, Sentiment Analysis, Virtual Tour

Abstract

Seiring dengan pertumbuhan internet, media digital sebagai platform komunikasi dan sumber informasi juga mengalami perkembangan sesuai dengan kemajuan zaman. Salah satu contoh media sosial di Indonesia dengan jumlah pengguna paling banyak digunakan yaitu Youtube. Youtube adalah salah satu platform video dan menjadi sumber informasi terbesar di seluruh dunia teurtama di Indonesia, banyak video yang mengenai review produk memiliki komentar yang dapat menimbulkan sentimen pada kelas tertentu. Hal tersebut dimanfaatkan oleh KEMENPAREKRAF untuk membuat program virtual tour 360 wisata Bali dengan tujuan mempromosikan destinasi wisata di Indonesia. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukan penelitian dengan pendekatan algoritma Support Vector Machine untuk menganalisis sentimen penonton Youtube virtual tour 360 destinasi Bali. Penelitian ini menganalisis 100 data komentar Youtube. Data diambil melalui proses crawling kemudian labelling kemudian processing dan kemudian klasifikasi dan visualisasi data. Dari proses tersebut menghasilkan 36 komentar positif, 2 komentar negatif, dan 12 komentar netral. Penelitian ini dapat memberi gambaran bagaimana penerapan virtual tour 360° apabila diterapkan secara keberlanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-14

How to Cite

Dewati, P. P. P., & Sukardani, P. S. (2024). ANALISIS SENTIMEN KOMENTAR YOUTUBE VIRTUAL TOUR 360° WISATA BALI OLEH KEMENPAREKRAF. The Commercium, 8(2), 146–153. https://doi.org/10.26740/tc.v8i2.62511
Abstract views: 72 , PDF Downloads: 60