THE INFLUENCE OF POLITICAL ISSUES ON SOCIAL MEDIA INSTAGRAM @GANJAR_PRANOWO ON THE PREFERENCES OF GENERATION Z SURABAYA IN THE 2024 PRESIDENTIAL ELECTION
DOI:
https://doi.org/10.26740/tc.v8i2.62983Keywords:
Social Media, Instagram, Preferences, Generation ZAbstract
Penggunaan Instagram oleh politisi di Indonesia menunjukkan bagaimana teknologi informasi dan komunikasi memungkinkan mereka untuk mendapatkan dukungan masyarakat dan mencapai tujuan politik. Salah satu calon presiden 2024 yang secara konsisten menggunakan Instagram sebagai alat untuk menarik suara masyarakat, terutama dari generasi Z adalah Ganjar Pranowo. Tindakan ini mencerminkan upaya akun @ganjar_pranowo untuk memenuhi kebutuhan dan aspirasi generasi Z yang berkontribusi pada upaya untuk mempengaruhi preferensi generasi Z dalam pemilihan Presiden dengan menekankan isu-isu politik yang relevan dengan generasi Z. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh isu politik di media sosial Instagram @ganjar_pranowo terhadap preferensi dari generasi Z di Surabaya pada pemilihan presiden 2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode survei, yaitu membuat kuesioner melalui google form. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 121 responden yang diidentifikasi sebagai orang yang berinteraksi aktif dengan akun Instagram @ganjar_pranowo baik mengikuti akun Instagram tersebut atau memberikan like, comment, dan sharing konten akun Instagram @ganjar_pranowo. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan Regresi Linear sederhana diperoleh nilai r square sebesar 0,344 dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,586 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 dan hasil uji hipotesis (uji t) 7.897 > 1,986. Oleh sebab itu, dapat dinyatakan bahwa hipotesis yang diajukan peneliti diterima yakni adanya pengaruh isu politik di media sosial Instagram @ganjar_pranowo terhadap preferensi dari generasi Z di Surabaya pada pemilihan presiden 2024.